Wakil Bupati Kutim Motivasi Santri Hidayatullah Malang

Hidayatullah.or.id – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang memperoleh kesempatan berharga ketika hadir di Pondok Pesantren Hidayatullah Yayasan Ar-Rohmah, Malang, Jawa Timur.

Mantan anggota DPRD Kutim ini diberikan kesempatan untuk memberikan pencerahan kepada santri yang mondok di sana, sebelum acara berbuka puasa bersama.

Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (3/6) lalu itu, diikuti ratusan santri di pondok tersebut.

Wabup Kasmidi mengatakan, belajar di sebuah pondok pesantren tentunya jauh berbeda dengan saat menempuh pendidikan di sekolah umum. Sebab di pesantren seorang santri dituntut bisa mandiri dan selalu berperilaku dengan akhlak yang baik.

“Sebagai anak didik terutama anak-anak yang menuntut ilmu di (ponpes), dituntut untuk selalu belajar mandiri, lebih banyak melatih mental, berperilaku dengan akhlak yang baik. Karena selama menempuh pendidikan di pondok pesantren beda dengan menempuh pendidikan formal. Di pondok jauh dari orang tua jadi harus lebih mandiri,” kata Kasmidi.

Ceramah untuk memotivasi ini disaksikan lebih dari 600 santri ponpes. Selain motivasi seputar pendidikan, orang nomor dua di Pemkab Kutim ini juga menyampaikan pengetahuan tentang wawasan kebangsaan.

Kasmidi berharap kepada seluruh santri untuk terus membentuk karakter sebagai pemimpin, sebagai bekal untuk masa depan. Terpenting yakni selalu menghormati dan mendengarkan pesan serta bimbingan ustadz yang ada di pesantren.

“Anak bukan dititip begitu saja di pesantren, inilah bukti orang tua bertanggungjawab untuk pendidikan anak demi masa depan, yang dulu tidak bisa ngaji, malas sholat, semenjak di sekolahkan di pesantren sekarang dia yang mengingatkan orang tuanya untuk sholat,” kata Kasmidi.

Kasmidi mencontohkan, anaknya Muhammad Arya Anugrah Bulang yang juga santri Ponpes Hidayatullah Malang setiap kali liburan pulang ke rumahnya Kota Sangatta.

“Arya selalu mengingatkan shalat,” kata Kasmidi yang mengaku terharu dengan perilaku positif anaknya saat ini.

Pembentukan karakter positif tersebut menurut Kasmidi membutuhkan proses dan lingkungan yang baik. Lingkup pendidikan positif tersebut salah satunya adalah ponpes, tegasnya.

Untuk itu dia mendoakan agar satri Ponpes Ar Rahmah Hidayattullah Kota Batu Malang, ke depan menjadi pemimpin bangsa di Indonesia.

Pada kesempatannya juga Kasmidi mengingatkan empat pilar kebangsaan Indonesia kepada para santri Pondok pesantren Hidayatullah Malang.

Ceramah Wabup hari itu selain disaksikan ratusan santri, juga diikuti sedikitnya 150 pengurus ponpes. Hari itu Kasmidi menyumbang 800 porsi takjil dan makanan untuk berbuka puasa. (mdc/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.