Pengurus SAR Hidayatullah Pusat Dilantik

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

BOGOR (Hidayatullah.or.id) – Pengurus Pusat badan penanggulangan bencana SAR Hidayatullah resmi dilantik hari ini di Villa Hidayaturrahman Kakigunung Bungalow, Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (21/04/2018).

Pengurus Pusat SAR Hidayatullah ini dilantik oleh Ketua Departemen Sosial DPP Hidayatullah Muhammad Arasy yang didampingi Anggota Dewan Pembina SAR Hidayatullah Muhammad Musyaafir.

Ketua Pengurus SAR Hidayatullah Pusat, Abbas Usman, dalam keterangannya mengatakan, bersama dengan pengurus lainnya pihaknya berkomitmen meningkatkan mutu dan kapasitas sumber daya manusia SAR Hidayatullah yang unggul, berprestasi, dan mandiri.

“Dengan optimalisasi sumber daya manusia, kita berharap peran penanggulangan kebencaan yang dilakukan SAR Hidayatullah dapat semakin menjangkau lebih banyak kawasan bencana,” kata Abbas.

Peningkatan kapasitas SDM, menurut Abbas, menjadi tuntutan yang niscaya dilakukan terus menerus. Sebab, jelasnya, lambat laun dengan kian meningkatnya eskalasi bencana alam yang kerap tak terprediksi, maka dibutuhkan profesionalisme relawan SAR Hidayatullah terutama dalam operasi pencarian dan penyelamatan.

“Kita juga akan memaksimalkan kegiatan Diklat untuk menjaring lebih banyak lagi tenaga relawan kemanusiaan. Insya Allah dalam waktu dekat ini akan digelar Diklat SAR Hidayatullah di Balikpapan dan Surabaya,” kata Abbas.

Salah satu relawan pertama yang berhasil menembus bencana tsunami Aceh ini mengatakan pihaknya juga akan mengoptimalkan unit layanan “Sekolah Indonesia Tanggap-Tangguh dan Aman Bencana” (SIGAB) yang menjadi salah satu program yang dicetuskan dalam Mubes SAR Hidayatullah bulan Desember lalu.

Sementara itu, Ketua Departemen Sosial DPP Hidayatullah Muhammad Arasy, dalam pengarahannya mengapresiasi kinerja SAR Hidayatullah dan berharap dapat terus ditingkatkan dengan mengintensifkan pendidikan kerelawanan.

“SAR Hidayatullah penting untuk meningkatkan kompetensi melalui Diklat seperti yang telah berjalan selama ini, selain juga melakukan penguatan jaringan struktur Pusat dan wilayah serta Daerah-daerah,” pesan Arasy.

Seiring dengan itu, lanjutnya, pembenahan administrasi serta hubungan antar lembaga baik internal dan eksternal juga perlu selalu dibangun dengan baik.

Pelantikan tersebut turut dihadiri Andalan Nasional Gerakan Pramuka yang juga salah satu tokoh inisiator pendirian SAR Hidayatullah Mas Supriyadi, Ketua DPW Hidayatullah Jabodebek Asdar Majhari Taewang, dan sejumlah tokoh masyarakat dan tamu lainnya. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.