SAR Hidayatullah Terus Mantapkan Koordinasi untuk Aksi Kemanusiaan Nasional

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Search And Rescue (SAR) Hidayatullah terus menguatkan sistem koordinasi dan konsolidasi untuk memantapkan aksi kemanusiaan dalam tanggap bencana nasional. Ikhtiar tersebut dilakukan salah satunya melalui Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) I Tahun 2021 yang digelar di Jakarta, Sabtu (30/1/2021).

Ketua SAR Hidayatullah Pusat Irwan Harun mengatakan rapat nasional tersebut selain sebagai ajang konsolidasi idiil, konsolidasi organisasi dan konsolidasi wawasan, juga sebagai momentum koordinasi penguatan sistem di tengah situasi negeri Indonesia yang memang rentan sekali dengan bencana alam.

“Bisa dipastikan tidak ada bagian dari Indonesia yang aman dari bencana. Semua memiliki potensi dilanda bencana, karena itu disinilah pentingnya kesiapsiagaan,” kata Harun kepada media ini.

Dia berpesan kepada anggota dan segenap relawan dimanapun berada untuk tetap waspada, mawas diri, dan tetap melakukan sosialisasi dan konsolidasi kewaspadaan dini dalam tanggap bencana yang rentan terjadi di wilayah Indonesia.

Seperti diketahui, kondisi geologis dan geomorfologis wilayah Indonesia memang rentan terhadap berbagai kemungkinan terjadinya bencana alam tanah longsor.

“Semoga rapat pimpinan ini melahirkan program kekinian SAR Hidayatullah untuk semakin kuat dan mandiri,” katanya

Kesiapsiagaan dini dalam menghadapi bencana memang harus terus disosialisasikan. SAR Hidayatullah sendiri melalui Sekolah Indonesia Tanggap Tangguh dan Aman Bencana (SIGAB) telah melakukan upaya mitigasi dan koordinasi tersebut.

Kewaspadaan dini tersebut sebagaimana telah diingatkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menegaskan bahwa tidak ada satu pun tempat di Indonesia yang bebas bencana, mulai dari gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan lahan, dan hidrometeorologi.

Harun pun mengingatkan mengenai peta zona kerentanan gerakan tanah sebagai salah satu bentuk early warning system (EWS) untuk menghindari dampak bencana tanah longsor di berbagai wilayah di Tanah Air.

SAR Hidayatullah adalah badan pendukung ormas Hidayatullah yang bertugas mengkoordinasi dan memobilisasi sumberdaya dalam tanggap darurat bencana, mitigasi, kewaspadaan dini dan rehabilitasi pasca bencana.

SAR Hidayatullah menggelar Rapat Pimpinan Nasional I bertempat di Gedung Pusat Dakwah DPP Hidayatullah yang diikuti oleh 18 Wilayah SAR Hidayatullah di seluruh Indonesia.

Rapimnas ini dibuka oleh Ust Nursyamsah Hadis Selaku Ketua Bidang Dakwah dan Pelayanan Ummat (Yanmat) DPP Hidayatullah dan sekaligus beliau juga Ketua Pembina SAR Nasional Hidayatullah.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh perwakilan sejumlah unsur lembaga Hidayatullah induk mulai dari BMH, Sahabat Anak Indoensia (IMS), Islamic Medical Service (IMS), Pemuda Hidayatullah, Muslimat Hidayatullah, TASK, dan Persaudaraan Dai Indonesia (POSDAI). Serta tidak kala penting dihadiri pula Ketua DPW Hidayatullah DKI Ustadz Muhammad Isnaini dan Ust Mahmud Effendi selaku anggota Dewan Murobbil Wilayah DKI dan Jawa Barat.

Hadir memberikan pencerahan dan penguatan brainstorming sebagaimana agenda acara berjalan para pemateri yang luar biasa, seperti Pembina SAR Hidayatullah, Ketua Bidang Organisasi DPP Hidayatullah Ust Asih Subagyo dan abangda Musliadi Raja selaku Ketua Departemen Sosial DPP Hidayatullah yang memberikan semangat untuk SAR Hidayatullah dan sekaligus menutup acara RAPIMNAS I SAR Hidayatullah ini. (ybh/hio)