Terus Melakukan Inovasi dan Ekspansi Pendidikan Integral Berbasis Tauhid

SUKOLILO (Hidayatullah.or.id) — Ketua Departemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah, Drs. Nanang Nurpatria, M.Pd.I, mendorong terus dilakukannya pengukuhan mutu dan dan kualitas pendidikan integral berbasis Tauhid dengan menelurkan inovasi pengajaran yang dapat mengakselerasi kapasitas peserta didik.

“Inovasi ini kunci agar kita tidak berada di zona nyaman. Artinya, harus selalu ada upaya untuk bergerak melakukan penyegaran atau pembaharuan metodolgi terutama dalam teknik pengajaran,” kata Nurpatria.

Demikian itu disampaikan Nurpatria saat menjadi pemateri dalam Webinar MKKSI Depdik Hidayatullah Jawa Tengah mengangkat tema “Peluang dan Tantangan Pengembangan SIBT di Jawa Tengah” berepisenter secara offline di Rumah Qur’an Hidayatullah Sukolilo, Pati, Rabu (3/2/2021)

Nurpatria mengemukakan, manifestasi dari perintah iqra’ dalam surah Al Qur’an yang kali pertama turun itu adalah seruan untuk melakukan pembacaan berbagai fenomena dan memikirkan inovasi dengan menyusun langkah-langkah sistematis sebagai solusi terhadap masalah yang dihadapi.

Ia pun mendorong penguatan dakwah di bidang pendidikan dengan menekankan pentingnya penyelenggara kependidikan meluruskan niat perjuangan melahirkan generasi terbaik untuk menggapai ridha Allah. Dalam pada itu, ia berpesan kepada mengenal kata lelah untuk berinovasi dan ekspansi.

“Tidak ada kata lelah untuk ekspansi. Terus saja kita gelorakan pengembangan pendidikan integral dibarengi pengelolaan manajemen yang baik sangat diperlukan sehingga menghasilkan pendidikan berkualitas dan merata di masa yang akan datang, khususnya di Hidayatullah Jawa Tengah,” tekannya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Departemen Pendidikan Hidayatullah Jawa Tengah, Ust. Usman Wakimin, M. PI, terselenggaranya acara ini dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggara dan kepala sekolah Integral Hidayatullah Se Jawa Tengah dalam menghadapi masa depan yang tidak menentu.

Wakimin menerangkan, pendidikan identik dengan ide-ide cemerlang berupa inovasi-inovasi dalam dunia pendidikan. Untuk itu, lanjut dia, kegiatan upgrading seperti webinar yang diselenggarakan pihaknya ini diharapkan semakin melejitkan kiprah pelayanan kependidikan Hidayatullah Jawa Tengah secara lebih luas.

“Maka dibutuhkan sumber daya insani yang mumpuni untuk mengelola lembaga pendidikan. Salah satunya dengan melakukan upgrading bagi pengelola, seperti yang kita lakukan saat ini,” imbuh Wakimin.

Seminar intensif sehari ini dilaksanakan secara online dengan episenster offline di Kampus Hidayatullah II Pati, tepatnya di Desa Nganggasan, Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati, Jawa Tengah dan diikuti oleh seluruh Kepala Sekolah Hidayatullah Jawa Tengah.

Penyelenggaraan ini seminar online ini didukung oleh BMH, DPD Hidayatullah Pati, Yayasan An-Najah dan Sekolah Integral Hidayatullah Pati.*/Yusran Yauma