Pesantren Atasi Kekhawatiran Orangtua Mengenai Masa Depan Anak

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara Indonesia Ke-7 Prof. Dr.(H.C.) Dahlan Iskan mengatakan diantara ketakutan para orangtua di era disrupsi saat ini adalah mengenai masa depan anak-anak mereka.

“Karakteristik orangtua sekarang, mereka takut anaknya tidak pintar atau tidak cerdas,” kata Dahlan Iskan.

Hal itu disampaikan Dahlan dalam acara silaturrahim sekaligus diskusi bertajuk “Memahami dan Menyikapi Revolusi Industri 4.0 Serta Membangun Kekuatan Sumberdaya SDM, Ekonomi dan Bisnis Organisasi di Era Tersebut” di Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah, Otista, Polonia, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Dahlan mengungkapkan pentingnya keberadaan pondok pesantren di tengah ketakutan orangtua mengenai masa depan anak-anak mereka. Menurutnya, peran pondok pesantren sangat penting keberadaanya untuk pembentukan karakter peserta didik.

“Sekarang banyak orangtua yang takut anaknya tidak cerdas, takut anaknya sakit, dan juga khawatir anaknya tidak mempunyai akhlak yang baik. Ini adalah ladang juang bagi pesantren untuk menjawan kekhawatiran tersebut,” jelas pengusaha lulusan madrasah ini.

Menurutnya, jangan sampai ladang juang tersebut diambil alih oleh mereka yang hanya mementingkan bisnis semata saja tanpa memerdulikan pembangunan karakter yang kuat bagi generasi selanjutnya.

Dahlah berharap, Hidayatullah dengan ratusan jaringan pondok pesantrennya, mampu melakukan lebih banyak lagi dengan melahirkan terobosan cemerlang yang bahkan ide tersebut belum terpikirkan oleh orang, tidak saja di bidang dakwah dan pendidikan, ia juga mendorong terus merambah amal usaha lainnya seperti di bidang kesehatan dan pemajuan perekonomian bangsa.

“Hidayatullah mempunyai peluang yang sangat besar untuk melakukan itu,” pungkasnya.*/Amanji Kefron

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.