Mencapai Ketakwaan dengan Ibadah Ritual Maupun Sosial

BERAU (Hidayatullah.or.id) — Menjadi muslim yang baik dengan terus berupaya mencapai ketakwaan dengan ibadah ritual maupun sosial. Hal tersebut sebagaimana diperintahkan oleh Allah SWT agar kita mencari wasilah untuk sampai pada derajat takwa.

Demikian disampaikan Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah, KH DR Nashirul Haq, MA, saat menyampaikan sambutan pengarahan dalam pembukaan Rapat Kerja Wilayah (Rakorwil) Hidayatullah Kalimantan Timur di Kampus Madya Hidayatullah Berau, Kaltim, Rabu (08/01/2020).

“Allah menyuruh kita untuk mencari wasilah dalam rangka mencapai ketakwaan, baik ibadah ritual maupun sosial,” kata beliau seraya menukil Al Qur’an surah Al Maidah ayat 35.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَابْتَغُوا إِلَيْهِ الْوَسِيلَةَ وَجَاهِدُوا فِي سَبِيلِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan”.

Ia mengimbuhkan, Hidayatullah adalah salah satu wasilah untuk melakukan ibadah sosial kepada umat melalui berbagai jenis program kegiatan khususnya melalui tarbiyah dan dakwah.

“Untuk melanjutkan misi kenabian, Hidayatullah menjadikan tarbiyah dan dakwah sebagai arus gerakan. Karenanya semua kebijakan dan program harus membawa misi tarbiyah dan dakwah,” ujarnya.

Di hadapan segenap pengurus DPW Hidayatullah dan DPD Hidayatullah se Kaltim, beliau mengajak semua harus mengikuti proses tarbiyah, mulai usia anak-anak dan santri hingga orang dewasa demi meningkatkan kualitas diri secara spiritual (ruhiyah), intelektual (‘aqliyah), dan profesionalitas.

“Setiap kader adalah dai yang berkewajiban mengemban misi dakwah kapan dan di mana pun berada,” katanya.

Ia mengingatkan, dai yang juga berperan sebagai pemimpin (informal leader), harus memiliki dua syarat yaitu integritas dan kapabilitas. Yakni dia hendaklah mempunyai kemampuan memimpin dan sifat amanah.

“Karenanya lebih mudah menjadi anggota yang baik dibanding menjadi pemimpin yang baik,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut ia juga memaparkan keputusan kebijakan dan program Hidayatullah selama ini yang memiliki 4 target umum yaitu Peningkatan kualitas dan kuantitas SDM, Kaderisasi dan rekruitmen anggota, Penguatan sistem dan Kemandirian ekonomi dan keuangan.

Rakerwil Hidayatullah Kaltim 2020 mengangkat tema “Konsolidasi Wilayah untuk Pencapaian Target Organisasi” yang dijadwalkan berlangsung selama 3 hari ini dihadiri oleh pengurus DPW, DPD, organisasi pendukung, amal usaha dan badan usaha Hidayatullah. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.