Direktur LBH Hidayatullah: “Ketidaktahuan Hukum Tidak Bisa Dimaafkan”

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) – Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Hidayatullah, DR Dudung A. Abdullah, MH, mendorong dai dan aktifis keagamaan Islam harus melek hukum. Mengutip sebuah adagium latin yang cukup populer, Dudung mengatakan bahwa ketidaktahuan hukum tidak bisa dimaafkan (ignorantia juris non excusat).

Karena itu, setiap dai dan aktifis keagamaan Islam juga harus melek hukum agar sadar hukum,” kata Dudung dalam obrolan dengan redaksi Hidayatullah.or.id, Rabu (14/03/2018).

Dudung mengatakan, dai harus memiliki wawasan hukum dan mampu memberikan edukasi serta pendampingan agar masyarakat kita semakin melek hukum.

Ditegaskan dia, penyuluhan wawasan tentang hukum kepada masyarakat yang dilakukan oleh paralegal LBH Hidayatullah merupakan ladang amal shaleh dalam rangka membantu kewajiban pemerintah dan penyelenggara negara melakukan penyebarluasan wawasan hukum.

Setiap warga negara tak terkecuali warga perkumpulan Hidayatullah, menurut Dudung, sangat perlu memiliki wawasan dan pemahaman hukum positif sehingga dia berharap tenaga paralegal LBH Hidayatullah bisa menjadi penyuluh hukum sebagai bagian dari proses edukasi dan pembudayaan hukum di masyarakat.

Dia pun mengingatkan pentingnya wawasan hukum karena dengan melek hukum kita akan bisa mengukur risiko dan keputusan hukum yang diambil.

“Wawasan hukum bagi kader Hidayatullah ini mutlak. Ada suatu konsensus bahwa setiap individu tidak bisa mengelak dari jeratan hukum dengan berdalih belum atau tidak mengetahui adanya hukum dan peraturan perundang-undangan tertentu,” tukasnya.

Pendiri Kantor Hukum DRDR ini berpesan kepada paralegal yang telah dilantik agar menjalankan amanat sebagai paralegal dengan sebaik-baiknya. Ia pun mengingatkan selalu bersabar dan tawakkal sebab akan selalu ada risiko yang dihadapi dalam menjalankan tugas mulia tersebut.

Sebelumnya, Lembaga Bantuan Hukum Hidayatullah telah melantik 37 tenaga paralegal untuk aktif melakukan edukasi dalam rangka membangun wawasan dan pengetahuan hukum masyarakat. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.