LBH Hidayatullah Dirikan Perwakilan di Sumut dan Nias

GUNUNG SITOLI (Hidayatullah.or.id) – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Hidayatullah semakin menguatkan eksistensinya dengan mendirikan sejumlah perwakilan di beberapa daerah. Baru baru ini kembali dibuka kantor perwakilan di Sumatera Utara, tepatnya di Kota Medan dan Kepulauan Nias.

Pengukuhan tersebut dilakukan usai dilakukan kegiatan selama 2 hari training advokasi untuk guru mengaji dan dai di dua kawasan tersebut. Kegiatan yang digelar intensif tersebuy mengangkat tema “Menyiapkan Guru dan Dai yang Cerdas Hukum dalam Membangun Indonesia yang Bermartabat” yang dipeserta sedikitnya 60 dai di Pulau Nias yang berlangsung di Kampus Ashabul Kahfi Gunung Sitoli pada Ahad, (13/1/2019) bersamaan dengan rangkaian Kegiatan Rakerwil Hidayatullah Sumatera Utara.

Adapun materi yang disajikan dalam pelatihan tersebut diantaranya materi melek hukum dalam mengantisipasi ancaman Kriminalisasi terhadap guru dan dai, cerdas menggunakan media sosial, menghindari jebakan Kriminalisasi UU ITE, menjadi Guru yang cerdas hukum, dan materi tentang upaya mengantisipasi kriminalisasi dalam dunia pendidikan.

Hadir sebagai pemateri yakni Ust. Heri Kapri Silalahi, SE, SPdI (Pimpinan Pesantren Ashabul Kahfi Hidayatullah Gunung Sitoli), Ust. Lukman Hakim, MHI (Ketua DPW Hidayatullah Sumut) dan DR. Dudung Amadung Abdullah, SH (Direktur LBH Hidayatullah Pusat).

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Pesantren Hidayatullah Gunung Sitoli dengan DPW Hidayatullah sumatera Utara dengan LBH Hidayatullah Pusat.

Tujuan kegiatan pelatihan advokasi tersebut yang dirangkai dengan pembukaan Perwakilan LBH Hidayatullah di Sumatera Utara sebagai media layanan dakwah dalam bentuk pendampingan hukum.

Selain itu, perwakilan LBH Hidayatullah tersebut sebagai tempat berlatih bagi kader yang ingin berkiprah dalam bidang advokasi serta sebagai tempat kajian hukum dan peraturan Perundang-Undangan yang bisa memberikan nilai positif dan masukan bagi pemerintah.

Pada kesempatan tersebut Dr Dudung melantik Direktur LBH Hidayatullah Sumut, Hamsyaruddin, SH, yang turut disaksikan Ust Lukman Hakim, Pimpinan Kampus Utama Hidayatullah Medan Drs. Khoerul Anam dan Pimpinan Pesantren Hidayatullah Sibolga Ust Fiman Hadait.

DR. Dudung Amadung Abdullah, SH dalam sambutan pelantikan pengurus LBH Hidayatullah Sumut dan Nias ini mengharapkan agar peran para pegiat hukum sekaligus dai ini semakin mencerahkan umat dalam wawasan hukum dan kebangsaan.

Beliau menjelaskan, kegiatan pelatihan advokasi ini merupakan sinergi antara LBH Hidayatullah dan DPW Hidayatullah Sumatera Utara dalam rangka menyiapkan dai dan guru yang memahami aturan perundang-undangan yang ada ada di Indonesia, sehingga mereka bisa menjalani peran dan tugasnya di tengah masyarakat sesuai aturan hukum.

Dari kegiatan ini diharapkan lahir dai dan guru yang bisa memberikan kontribusi yang lebih dalam proses pembangunan Indonesia. Dia mendorong para dai Hidayatullah bisa menjadi perekat di tengah masyarakat sehingga mewujudkan Indonesia yang bermartabat

“Semoga Kehadiran LBH Hidayatullah di daerah, terutama di Sumatera Utara bisa menjadi benteng bagi para dai, ulama dan masyarakat lemah dalam memperjuangkah hak keadilannya,” pungkas Dudung. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.