Munas V(irtual), Bukan Munas Biasa

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Penghujung Oktober 2020, ormas Islam Hidayatullah diagendakan menggelar acara Musyawarah Nasional (Munas) V. Perhelatan akbar ormas Hidayatullah ini digelar tidak biasa, yakni secara virtual.

“Munas V(irtual)”, demikian sebutannya, digelar secara daring sebagai upaya turut mencegah penyebaran Covid-19. Hingga jelang penghujung tahun 2020 ini, pandemi memang belum berakhir.

Munas V(irtual) Hidayatullah siap digelar pada tanggal 29-31 Oktober 2020, dengan mengusung tema “Meneguhkan Komitmen Keummatan Menuju Indonesia Bermartabat”. Jamaah Hidayatullah dari berbagai penjuru Indonesia pun siap mensukseskan acara lima tahunan ini.

Yang menarik pula dari Munas ini, kata Kepala Biro Humas Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah, Mahladi, ormas itu akan melakukan pergantian seluruh pengurus di tingkat pusat.

Periode ini, DPP Hidayatullah dipimpin oleh Ustadz Dr Nashirul Haq, sedangkan Dewan Mudzakarah dipimpin oleh Ustadz Abu A’la Abdullah. “Periode mendatang kita belum tahu siapa yang ditunjuk untuk mengemban amanah tersebut,” ujarnya, September lalu.

Ia menjelaskan, model suksesi di Hidayatullah bukan pemilihan, tapi penunjukan oleh Pimpinan Umum Hidayatullah, yakni KH Abdurrahman Muhammad. Hanya saja, sebelum menunjuk pemangku amanah, beliau melakukan syuro (musyawarah) dengan banyak pihak.

Hal menarik lainnya yaitu Hidayatullah juga telah merumuskan arah perjalanan 5 tahun ke depan. Kelak, arah perjalanan ini akan dijabarkan lewat program-program kerja pengurus pusat yang akan ditunjuk.

“Munas kali ini akan berlangsung secara virtual (online). Ini tentu tantangan tersendiri bagi Hidayatullah. Tak mungkin di masa pandemi seperti sekarang ini kita mengumpulkan 1.000 orang dalam sebuah musyawarah akbar,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Munas V Hidayatullah, Ustadz Drs Wahyu Rahman, menjelaskan, pusat kegiatan Munas V(irtual) ini bertempat di kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Jawa Barat, dengan 34 titik lain sebagai perwakilan tiap-tiap DPW Hidayatullah yang ada di daerah.

Wahyu Rahman menegaskan akan adanya pemberlakuan ketat protokol kesehatan pada acara Munas ini selama di lokasi acara, baik yang berpusat di Kampus Hidayatullah Depok, maupun di titik-titik lainnya.

Pihaknya juga menyiapkan segala kebutuhan untuk sukses penyelenggaraan acara ini, seperti kelengkapan perangkat teknis termasuk memaksimalkan jaringan data maya.*Muh. Abdus Syakur

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.