Muslimat Hidayatullah Ajak Masyarakat Cinta Al Qur’an

image001Hidayatullah.or.id — Beberapa waktu lalu, Muslimat Hidayatullah (Mushida) Wilayah Khusus Gunung Tembak, Balikpapan, menggelar acara Silaturahim Akhir Tahun di daerah binaan dakwah Mushida di Kampung Gunung Bubukan, Kec. Balikpapan Timur, Kalimantan Timur. Selain memperkuat tali silaturahim, agenda ini juga dimarakkan dengan beberapa kegiatan atau biasa dikenal dengan sebutan Bakti Sosial (Baksos).

Untuk kesempatan kali ini, Mushida menggandeng Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah Putri untuk gawe bareng. Kerjasama yang kali pertama dilakukan tersebut mendapat respon positif dari Bidang Pengkaderan STIS Putri, Maftuha yang turut mengaminkan kegiatan di atas.

“Kami senang kerjasama dengan Mushida sebab hal itu sebagai bagian dari pengkaderan mahasiswi di lapangan,” ujar Maftuha yang juga Pembina di Asrama Mahasiswi tersebut.

Untuk diketahui, Mushida Gunung Tembak mempunyai satu unit khusus yang menangani pembinaan masyarakat sekitar dan di luar lingkungan kampus pesantren. Sebutannya berjuluk KDM, yaitu singkatan dari Kader Dakwah Mushida.

Diharapkan melalui KDM ini, Mushida mampu melayani kebutuhan pembinaan akidah dan rohani masyarakat Balikpapan, khususnya yang berada di wilayah pinggiran Balikpapan Timur.

“Kami sengaja fokus membina masyarakat pinggiran Balikpapan Timur,” ujar Ismawati, Ketua KDM Mushida, dalam suatu kesempatan terpisah.

“Biasanya masyarakat perkotaan itu sudah banyak yang menjangkaunya,” imbuh Ismawati kembali.

Kegiatan silaturahim semisal di Gunung Bubukan di atas adalah salah satu program rutin yang diadakan secara berkala oleh Mushida. Biasanya diadakan secara bergantian di beberapa titik binaan dakwah yang majelis taklimnya sudah berjalan lancar.

“Untuk pembinaan intensif, KDM Mushida rutin turun ke lapangan sepekan sekali di semua majelis taklim yang ada,” jelas Ketua Pengurus Daerah Mushida Gunung Tembak, Eming Ummu Aqila, S.Ag.

“Program dan tujuan kegiatan ini sederhana saja, agar masyarakat dan tentu bagi Mushida sendiri kian dekat dengan al-Quran dan bisa beribadah dengan benar serta berakhlak yang baik,” ucap Ummu Aqila menjelaskan.

Dalam acara yang dipusatkan di masjid al-Hikmah, Gunung Bubukan, KDM Mushida mempercayakan sepenuhnya kepada mahasiswi STIS Hidayatullah Putri untuk unjuk kiprah dan aktualisasi potensi diri. Mulai dari tampil sebagai pembawa acara, moderator diskusi, sekaligus pembaca doa penutup.

Tak lupa mahasiswi juga diberi kesempatan menyampaikan Kuliah Singkat (Kulsing) yang diwakili oleh Muhalisa, Ketua BEM STIS Putri.

Sebagai acara pamungkas, KDM Mushida lalu membagikan mushaf al-Qur’an Terjemah cetakan PT. Lentera Optima Pustaka, Surabaya secara gratis kepada seluruh ibu-ibu Majelis Taklim binaan yang hadir.

Puluhan mushaf tersebut berasal dari sumbangan Baitul Mal Hidayatullah (BMH) yang disalurkan melalui KDM Mushida Gunung Tembak. Diharapkan, dari setiap rumah umat Islam kelak terpancar cahaya al-Qur’an yang bersinar terang. (Masykur)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.