Daurah Murabbi dan Sosialisasi Pemantapan Pembinaan Anggota

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

BALIKPAPAN (Hidayatullah.or.id) – Pengkaderan dan pembinaan anggota adalah mainstream organiasi. Keduanya sangat menentukan peningkatan kualitas dan kuantitas anggota dan kader secara nasional.

Demikian disampaikan Ketua Departemen Pengkaderan DPP Hidayatullah Ust Shaleh Utsman disela-sela acara Daurah Murabbi dan Muallim di Kampus Induk Hidayatullah, Gunung Tembak, Balikpapan, Jum’at (30/03/2018).

Acara daurah tersebut dirangkaikan dengan sosialisasi program Departemen Pengkaderan dan Departemen Pembinaan Anggota DPP Hidayatullah.

“Intensitas pengkaderan dan pembinaan juga secara langsung berdampak pada kinerja organisasi secara umum. Sehingga kekuatan konsolidasi organisasi sangat ditentukan sejauhmana proses pengkaderan pembinaan berjalan massif secara nassional,” kata Shaleh.

Dengan demikian, terang dia, kedua program mainstream ini harus mendapat perhatian serius dan sungguh-sungguh, untuk mencapai targetpengkaderan dan pembinaan bisa diwujudkan.

Dia menerangkan, mengelola pengkaderan dan pembinaan terkait banyak hal, di antaranya adalah murabbi/muallim, materi dan metode palaksanaannya.

“Ketiga unsur ini menyatu dalam kegiatan halaqah sebagai wadah pembinaan dan pengkaderan anggota dan kader. Untuk itu,
dibutuhkan Daurah Murabbi sebagai pemimpin halaqah, yang bertanggung jawab terhadap keberlangsungan pembinaan halaqah,” imbuhnya.

Dalam pada itu, juga dilakukan sosialisasi program terkait pengkaderan dan pembinaan DPP Hidayatullah tahun 2018. Untuk itu, yang dirangkaikan dengan Rapat Koordinasi Departemen Pengkaderan dan Pembinaan secara nasional.

Shaleh menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka mengintegrasikan kegiatan Departemen Pengkaderan dan Departemen Pembinaan Anggota, dengan tujuan diantaranya untuk menguatakan program mainstream dan sinergitas pelaksanaannya.

Selain itu, kegiatan yang digelar selama 3 hari ini untuk mensosialisasikan hasil revisi materi Halaqah Ulaa dan implementasinya dalam pelaksanaan halaqah serta penguatan materi Halaqah Taklim Anggota serta Halaqah Diniyah dan Taklim Diniyah yang berbasis DKM.

Acara yang berlangsung intensif selama 3 hari ini dihadiri oleh peserta Ketua Departemen Pengkaderan dan Departemen Pembinaan Anggota DPW, koordinator Murabbi Wilayah, murabbi Halaqah Ulaa dan Wustha yang direkomendasikan khusus oleh pengkaderan DPW, dan Ketua DKM Kampus Induk dan Kampus Utama. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.