Dinilai Gagal, Pendidikan Perlu Terapkan Pola Kristalisasi Al Qur’an

HIDORID — Kurikulum pendidikan yang ada saat ini tidak sepunuhnya dapat diharapkan memenuhi harapan lahirnya peserta didik yang bermoral dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang.

Untuk itu pendidikan harus menerapkam pola pendidikan karakter dengan upaya kristalisasi terhadap nilai-nilai Al Qur’an kepada peserta didik dan segenap civitas lembaga pendidikan.

Demikian disampaikan Kepala Biro Litbang PP Hidayatullah Dr. Abdullah, dalam acara seminar pendidikan bertajuk “Mewujudkan Karakter Siswa Sebagai Pewaris Pemimpin Bangsa Melalui Gerakan One Day One Ayat” di aula utama Pusdiklat Hidayatullah Abdullah Said, Kota Depok, Jawa Barat, Ahad lalu.

Menyoroti kondisi pendidikan di Indonesia sekarang ini, ditambah dengan data statistik hasil penelitian, dari mulai tawuran, seks bebas, serta narkoba. Abdullah memberikan solusi dengan mencontoh pola pembinaan karakter yang dilakukan Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam terhadap para sahabat, yakni dengan melakukan kristalisasi Al-Quran secara kontinyu setiap hari.

“Program ini tentu perlu dukungan semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat,” kata Abdullah di hadapan ratusan peserta seminar.

Pada kesempatan tersebut, tampil sebagai pembicara lainnya Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Ir. Herry Pansila, M.Sc

Ir. Herry Pansila, MSc dalam kesempatan itu menyampaikan pentingnya membangun karakter sebagai sebuah budaya. Herry banyak memberikan pengalaman sewaktu belajar di Negeri Belanda, bagaimana masyarakat di sana memiliki budaya yang positif padahal mereka kaum sekuler.

Acara yang dipandu oleh Ust. Lalu Mabrul, S.PdI, M.PdI dihadiri oleh ratusan guru dan praktisi pendidikan di wilayah Kota Depok dan sekitarnya. Seluruh peserta tampak antusias mengikuti rangkaian acara dari awal sampai akhir. Acara ini juga didukung oleh Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.