Hidayatullah Malinau Peserta Diklat Kependidikan Pontren

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) – Pondok Pesantren Hidayatullah Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, menjadi perwakilan peserta Diklat Teknis Substantif Kependidikan TIK dan Kemaritiman Guru Pondok Pesantren yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI berlangsung 9 hingga 19 Juli 2018 di Jakarta. Acara ini serangkai dengan Diklat Teknis Substantif Ujian Nasional Bahasa Indonesia MTs dan IPA MTs.

Direktur Pendikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag RI, Ahmad Zayadi, menyebutkan saat ini jumlah pondok pesantren di Indonesia sedikitnya 28 ribu pesantren. Pada kesempatan itu beliau menyebutkan Hidayatullah dengan terobosannya telah berhasil mengembangkan jaringan pondok pesantren yang banyak tersebar di pelosok negeri bahkan sampai di perbatasan Papua New Guinea.

Dalam diklat tersebut, para peserta diberikan berbagai wawasan, pengetahuan sekaligus keterampilan melalui praktik pemanfaatan internet dalam pembelajaran di madrasah.

Materi inti yang telah diprogramkan meliputi 1) internet sebagai media dan sumber pembelajaran, 2) pembuatan media pembelajaran berbasis TIK, 3) konversi file, 4) pemanfaatan email, 5) penyimpanan online, dan 6) pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran.

Dari materi-materi tersebut, selain pengetahuan-pengetahuan dasar terkait internet, para peserta juga sekaligus mempraktikkan bagaimana membuat dan memanfaatkan email, membuat bahan ajar interaktif berbasis PowerPoint.

Juga ada sharing dan bekerja kolaboratif secara riil time melalui aplikasi google dokumen, membuat formulir dan kuis online menggunakan aplikasi google formulir, membuat dan mengelola kelas virtual melalui grup facebook dan webblog. Semuanya dilakukan berbasis internet.

Aray Ramli, pengasuh yang juga guru Pondok Pesantren Hidayatullah Kabupaten Malinau yang mengikuti acara diklat tersebut mengatakan kegiatan ini memuat materi yang amat penting untuk menunjang kegiatan kependidikan kepesantrenan.

“Semoga ilmu yang kami dapatkan dari Diklat ini dapat kami terapkan dan sosialisasikan di kampus Pesantren Hidayatullah Malinau,” harapnya. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.