Depkes DPP Hidayatullah Minta Masyarakat Tak Perlu Risau Soal Virus Corona

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Ketua Departemen Kesehatan Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah, drg Fathul Adhim, M.KM, mengajak masyarakat tidak perlu risau dan tetap tenang dalam menghadapi isu penyebaran virus corona. Disamping itu ia mengingatkan untuk tetap selalu menjaga stamina tubuh agar selalu bugar.

“Tidak usah terlalu khawatir dan resah menghadapi virus corona yang menghebohkan tersebut. Tetaplah beraktifitas sebagaimana biasa termasuk bila perlu kunjungan ke beberapa negara,” kata Fathul dalam obrolan dengan media ini, Jum’at (24/1/2020).

Sebelumnya, sejak pemberitaan mengenai Virus Corona Wuhan menyeruak, muncul pula beberapa informasi dugaan virus tersebut telah menginfeksi warga Indonesia. Namun, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia menegaskan bahwa Virus Corona penyebab pneumonia di Tiongkok belum dideteksi di Indonesia.

Fathul menjelaskan, walaupun sampai sekarang belum ada obat dan vaksin yang bisa mencegah untuk menangkal semua penyakit virus termasuk virus corona.

“Tetapi virus ini ditularkan melalui kontak langsung yang terkena virus corona seperti bersin, batuk dan lain lain. Sementara yang terjangkit menurut berita hanya di kota Wuhan Cina,” kata Fathul.

Adapun tips menghadapi virus corona, menurut Fathul, sama saja dengan menghadapi penyakit virus lainnya seperti menjaga stamina, hindari kontak langsung dengan penderita dan jangan terlalu takut dengan penyakit virus ini.

“Hadapi berita ini dengan biasa saja, tidak terlalu ikut ikutan heboh. Beraktivitaslah sebagaimana biasa,” pungkasnya.

Sebagaimana diwartakan, sebuah virus misterius yang menyebabkan masalah paru-paru atau penumonia merebak di Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, Tiongkok sejak Desember 2019. Peneliti mengidentifikasi virus tersebut sebagai Virus Corona jenis baru. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menamainya Novel Coronavirus dengan kode 2019-nCoV. *Amanji Kefron

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.