Direktur Bamuis BNI Ajak Wisudawan Sekolah Dai Majukan Dakwah Ekonomi

BOGOR (Hidayatullah.or.id) — Direktur Yayasan Baitul Maal Umat Islam Bank Negara Indonesia (Bamuis BNI) Sudirman menyampaikan pidato sambutan dan pengarahan acara wisuda dan penugasan Sekolah Dai Hidayatullah Ciomas, Bogor, Jawa Barat, angkatan ke-V yang digelar pada Ahad sore (10/5/2020).

Dalam sambutannya yang dilakukan secara virtual tersebut, Sudirman mengapresiasi penyelenggaraan Sekolah Dai telah melahirkan banyak dai yang siap ditugaskan menemban amanah dakwah ke berbagai penjuru negeri dan kini telah memasuki angkatan ke-5.

Ia berpesan kepada 34 dai muda yang berasal dari berbagai daerah dan latar belakang, ini agar terus peduli pada persoalan umat terutama dalam mengembangkan dakwah agama Islam.

Oleh karena itu, katanya melanjutkan, setelah para dai sampai di tempat daerah tugas, segeralah buat pengajaran Al Qur’an untuk masyarakat dan menekankan pentingnya peran dai memajukan dakwah dalam membangun kesadaran ekonomi umat.

“Seorang dai harus tanggap terhadap persoalan ekonomi masyarakat, karena dakwah dengan ekonomi akan sangat efektif,” kata Sudirman.

Seperti diketahui, Yayasan Baitul Mal Umat Islam Bank Negara Indonesia sendiri merupakan lembaga filantropi tertua di Indonesia yang didirikan pada 5 Oktober 1967 telah banyak membantu para mustahik yang membutuhkan bantuan termasuk dalam menopang kemandirian ekonomi masyarakat dhuafa.

Dengan jejak rekamnya sebagai lembaga Laznas modern pertama di Indonesia, Sudirman berharap, pihaknya dapat terus menjadi bagian penting dalam pengentasan masalah bangsa termasuk dalam mendukung penguatan dakwah Islamiyah yang kaffatan linnas rahmatan lil alamiin.

Masih dalam sambutannya, Sudirman berpesan kepada para dai yang akan dittugaskan ini agar kelak menjadi penggerak perubahan ummat. Seorang dai juga, menurut Sudirman, harus jeli dalam melihat potensi lokal dan mengembangkannya sebagai sarana dakwah.

“Jadilah para pendakwah yang ikhlas, karena Allah, bukan karena yang lain,” pesan Sudirman seraya menutup pidato sambutannya.

Persaudaraan Dai Indonesia (Posdai) yang membawahi Sekolah Dai menggelar acara wisuda dan penugasan dai bertepatan dengan peringatan Nuzulul Quran 17 Ramadhan yang digelar di Komplek Sekolah Dai Hidayatullah Ciomas, Kampung Pasir Peundey, Kelurahan Sukaharja, Kecamatan Ciomas, Bogor, Jawa Barat, Ahad sore (10/5/2020).

Peserta wisuda yang telah menjalani masa karantina pendidikan selama 1 tahun ini ditugaskan mengemban dakwah ke berbagai kawasan yang membutuhkan yaitu ke Sumatra 4 orang, pulau Jawa 2 orang, Kalimantan 5 orang, Sulawesi 11 orang, Papua 7 orang, NTT 4 orang dan ke Provinsi NTB 1 orang utusan dai.

Acara ditutup dengan doa oleh Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Ciomas, Abdul Aziz, dan diakhiri dengan berbuka puasa dan shalat maghrib dengan tetap mematuhi protap social distancing.

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.