Hidayatullah Terus Mendorong Terwujudnya Persatuan Umat

DEPOK (Hidayatullah.or.id) — Hidayatullah senantiasa mendorong terwujudnya persatuan umat. Hal itu dikemukakan dalam pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) V Hidayatullah hari ini Gedung Sekolah Pemimpin Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Jawa Barat, dan siarkan secara live melalui kanal Youtube Hidayatullah ID, Kamis (29/10).

Ketua Umum DPP Hidayatullah Nashirul Haq, mengatakan, perjuangan membangun peradaban Islam merupakan agenda besar yang harus dilakukan secara bersama-sama dengan seluruh komponen ummat dan bangsa.

“Maka dalam hal ini, Hidayatullah terus mendorong terwujudnya persatuan ummat sebagai kunci kekuatan dan kemenangan,” kata Nashirul dalam pidato sambutan pembukaan Munas V Hidayatullah ini.

Dia melanjutkan, dengan prinsip al-Wasathiyah sebagai salah satu jatidiri, Hidayatullah mengajak ummat Islam bersikap adil dan proporsional, toleran (tasamuh) dalam menyikapi masalah khilafiyah, santun dalam menyikapi perbedaan sikap politik, mengedepankan kepentingan ummat dan bangsa di atas kepentingan diri dan golongan.

Tema besar yang diangkat dalam Munas kelima Hidayatullah, jelas dia, adalah sebuah komitmen untuk mewujudkan cita-cita pendiri negeri ini, yaitu terwujudnya Indonesia yang dijiwai oleh nilai-nilai keagamaan, berkeadaban, bersatu dan berkeadilan sosial.

“Inilah jiwa kehidupan berbangsa dan bernegara yang harus terus diperjuangkan. Dan dengan inilah Indonesia menjadi negara yang berdaulat dan bermartabat,” kata Nashirul.

Lebih jauh dia mengutarakan bahwa tema Meneguhkan Komitmen keummatan Menuju Indonesia Yang Bermartabat ini merupakan sebuah rasa syukur, sekaligus kebanggaan atas kiprah Hidayatullah selama ini untuk memberikan sumbangsih nyata bagi kehidupan berbangsa, bersama pemerintah dan masyarakat menjalankan misi mulia membangun Indonesia yang berperadaban.

Oleh sebab itu, Nashirul mengatakan Hidayatullah tidak akan diam, apalagi terdiam, ketika mendapati masalah mengenai hal-hal yang berpotensi merugikan dan memarjinalkan rakyat Indonesia.

“Hidayatullah akan menjadi bagian kecil dari bangsa ini yang akan menggerakkan amar ma’ruf nahi munkar, menyadarkan ummat dan bangsa untuk memahami kondisi sesungguhnya, menuntut kembali hak-hak atas tanah airnya, atas sumberdaya alam yang dimilikinya, menuntut hak-hak asasi manusianya untuk dipenuhi, menuntut hak untuk makmur dan sejahtera sebagai hak dasar kehidupan berbangsa dan bernegara,” imbuhnya.

Nashirul menambahkan, Hidayatullah selama 47 tahun telah memegang teguh kesetiaan, semangat mengabdi kepada Ilahi, berkhidmat untuk agama dan ummat, serta berkhidmat untuk NKRI melalui berbagai program di bidang pendidikan, dakwah, sosial, dan ekonomi keummatan. Karenanya, tegas dia, komitmen Hidayatullah untuk ummat bangsa ini tidak perlu diragukan lagi.

“Dengan segenap kemampuan yang akan terus dikembangkan, Hidayatullah berkomitmen menghadirkan program-program yang mampu mendorong terwujudnya perubahan masyarakat Indonesia bermartabat. NKRI yang memiliki harga diri, mempunyai kepercayaan diri, berdiri di atas kaki sendiri, sehingga kita dapat menyongsong masa depan Indonesia yang adil, makmur, dan berperadaban mulia di bawah naungan kasih sayang dan ridha Allah SWT,” pungkasnya.

Kendatipun digelar secara online, Munas kelima Hidayatullah ini berlangsung semarak, dinamis dan tetap khidmat. Terdapat 34 kluster perwakilan wilayah DPW Hidayatullah se Indonesia yang mengikuti acara ini melalui aplikasi telekomunikasi yang telah disediakan bekerjasama dengan vendor Cikal Peradaban.

Acara yang berlangsung 3 hari ini (29-31 Oktober 2020) memberlakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat, sehingga panitia membatasi jumlah peserta hadir offline di lokasi acara.

Sebelumnya, telah dilakukan serangkaian kegiatan serap aspirasi secara intensif dari semua unsur baik lembaga, amal dan badan usaha, organisasi pendukung dan berbagai lini lintas sektor serta termasuk di dalamnya sidang-sidang komisi.

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.