Baituttamwil Hidayatullah untuk Menopang Kiprah Keumatan

DEPOK (Hidayatullah.or.id) — Hidayatullah memiliki beragam program yang bermuara pada dua arus gerakan utama yaitu dakwah dan pendidikan. Untuk memantapkan berbagai ikhtiar kiprah keummatan tersebut tentu saja membutuhkan dukungan terutama sokongan materiil.

Menyadari akan pentingnya kemandirian ekonomi dalam rangka menopang gerakan, Hidayatullah mendirikan Baitut Tamwil Hidayatullah (BTH) sebagai lembaga keuangan mikro yang beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip syariah yang tersebar di kota kota besar di Indonesia.

Ketua Bidang Ekonomi Hidayatullah Drs Wahyu Rahman menjelaskan, diharapkan nantinya BTH akan menjadi pusat keuangan Hidayatullah.

“Harapannya kedepannya BTH ditargetkan menjadi bank sentral Hidayatullah. Dan tentunya bebas dari hal hal berbau riba. Karena riba adalah salah satu faktor terbesar yang menghancurkan ekonomi,” jelas Wahyu dalam acara “Diklat Manajemen BTH untuk Mahasiswa STIE Hidayatullah“, Rabu, 2-3 Maret 2021.

Selain berfungsi menghimpun dan menyalurkan dana kepada anggota, BTH diharapkan akan semakin luas melakukan kegiatan pengembangan usaha-usaha produktif dan investasi dalam meningkatkan kualitas ekonomi pengusaha mikro dan kecil dengan antara lain mendorong kegiatan menabung dan menunjang pembiayaan kegiatan ekonomi jamaah.

Wahyu menerangkan, BTH akan terus berusaha membantu menopang gerak langkah dan perkembangan organisasi secara materi, utamanya dalam memantapkan kiprah keumatan di berbagai sektor kehidupan masyarakat.

Dia menegaskan, visi kemandirian ekonomi merupakan goal yang harus diupayakan tercapai. Karena itu, Wahyu menekankan, salah satu faktor penting dan harus terus dihidupkan serta dijaga ialah pendanaan organisasi, karena dana merupakan nafas kehidupan organisasi.

“Gerakan organisasi akan lincah dan bergerak dengan baik manakala ditopang dengan keuangan yang baik. Salah satu usaha kita ialah mendirikan BTH,” katanya.

Kegiatan pendidikan dan pelatihan manajemen BTH untuk mahasiswa STIE HIdayatullah ini diikuti oleh mahasiswa yang akan diwisuda dan kelak melaksanakan tugas pengabdian. Turut hadir juga memberikan materi Ketua Departemen Keuangan DPP Hidayatullah Saiful Anwar SE, ME dan pengurus harian STIE Hidayatullah.*/Amanji Kefron