SAR Hidayatullah Dipercaya Menjadi Potensi Mitra Basarnas

DEPOK (Hidayatullah.or.id) — Badan kesiapsiagaan, mitigasi, tanggap darurat, rehabilitasi bencana SAR Hidayatullah kian meneguhkan kiprahnya dalam aksi kemanusiaan. Kali ini SAR Hidayatullah mendapat kepercayaan dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Nasional (BASARNAS) sebagai Potensi Mitra Basarnas.

Penyematan tanda dan penyerahan sertifikat SAR Hidayatullah sebagai Potensi Mitra Basarnas Pusat diberikan langsung oleh Kepala Deputi Bidang Bina Tenaga & Potensi Basarnas Abdul Haris Achadi kepada Ketua Umum SAR Hidayatullah Irwan Harun.

Penyerahan tersebut dirangkai dengan acara Seminar Kebangsaan & Pelatihan Manajemen Kebencanaan bertajuk “Nilai nilai Pancasila dalam Manajemen Operasi Pencarian dan Pertolongan” yang berlangsung di Kota Depok, Jawa Barat, Ahad, 26 Safar 1443 (3/10/2021).

Acara seminar yang digelar bekerjasama dengan Departemen Sosial DPP Hidayatulllah ini diikuti peserta secara daring dan sebagian luring di Aula STIE Hidayatullah Depok.

Hadir sebagai narasumber dalam acara ini Kepala Deputi Bidang Bina Tenaga & Potensi Basarnas Abdul Haris Achadi dan Ketua Bidang Pelayanan Umat (Yanmat) DPP Hidayatullah Nursyamsa Hadis.

Acara dibuka langsung oleh Musliadi selaku ketua Departemen Sosial DPP Hidayatullah. Dalam sambutannya Musliadi menekankan pentingnya meneguhkan kiprah aksi kemanusiaan dan menguatkan sinergi yang lebih baik dan profesional.

Pada kesempatan tersebut, Haris mengapresiasi SAR Hidayatullah yang sangat aktif melatih personilnya. Ia berharap, sumber daya ini turut mendukung operasi SAR di berbagai daerah bencana.

“Basarnas tidak bisa bekerja sendiri, maka diperlukan kolaborasi,” imbuhnya.

Dia menambahkan, berdasarkan hasil penelitiannya, bahwa untuk suksesnya operasi pencarian dan pertolongan pada musibah bencana ada beberapa hal yang amat penting diperhatikan. Pertama, SDM yang memiliki mental yang tangguh dan kuat. Kedua, kedua bagaimana memanfaatkan kecerdasan atau kemampuan SDM.

Turut hadir juga Ketua Pembina SAR Hidayatullah yang juga Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka/Ketua Komisi Binamuda, Kak Supriyadi dan Dr Agus Prayoga selaku Ketua STIE Hidayatullah Depok.(ybh/hio)