Gelar Halal Bihalal 1000 Ketupat, SAR Hidayatullah Teguhkan Semangat Kerelawanan

BOGOR (Hidayatullah.or.id) — Pengurus Pusat Search and Rescue (SAR) Hidayatullah menggelar silaturrahim Syawal bertajuk Halal Bihalal 1000 Ketupat yang mengangkat tema “SAR Hidayatullah Semakin Solid dan Berdedikasi” yang digelar di Komplek Asri Pondok Quran Hidayaturrahman, Desa Pancawati, Caringin, Bogor, Jawa Barat, Ahad, 28 Syawal 1443 (29/5/2022).

Ketua Umum SAR Hidayatullah Muhammad Irwan Harun dalam keterangannya mengatakan helatan silaturrahim ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar dalam rangka mensyukuri telah diselesaikannya ibadah puasa 6 hari di bulan Syawal.

Selain itu, momentum tersebut juga menjadi ajang silaturrahim sekaligus konsolidasi idiil guna meneguhkan semangat kerelawanan.

“Ketupat ini menjadi simbol sebenarnya terutama bagi relawan kemanusiaan seperti SAR Hidayatullah, bahwa dalam kerja kerja kemanusiaan yang dilakukan dibutuhkan bukan saja keandalan skil dan kesigapan tetapi juga kesabaran,” kata Harun.

Irwan menerangkan, anyaman janur kuning berkelindan yang menjadi pembungkus ketupat melambangkan kerumitan, namun dapat tersusun rapi segi empat diagonal karena adanya ketekunan dan kesabaran pembuatnya.

“Semoga dengan kegiatan ini semakin menguatkan soliditas dan dedikasi SAR Hidayatullah dimanapun dan kapanpun, tanpa tapi tanpa nanti,” katanya.

Irwan juga menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada segenap Pembina, Pengawas, Pengurus Harian, Anggota dan seluruh tamu undangan yang berkenan hadir di acara yang berlangsung dalam suasana asri dan nyaman di lingkungan teduh Pondok Tahfidz Quran Hidayaturrahman berlokasi dengan view Gunung Pangrango itu.

“Dengan penuh tawaqqal dan istiqamah serta dukungan kita semua, SAR Hidayatullah bisa terus mengawal Search and Rescue yang bergerak di bidang kemanusiaan terus maju dan berkembang,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, pembina Pondok Tahfidz Quran Hidayaturrahman, Ust Asdar Majhari Taewang, menyampaikan sambutannya dengan menekankan keutamaan bekal spiritual dalam menjalani kehidupan termasuk di bidang kebencanaan.

Asdar menyampaikan hendaknya peran peran kemanusiaan dalam berbagai aspeknya senantiasa menjadi nafas gerakan sebab hal ini juga merupakan spirit yang sering dipesankan oleh pendiri Hidayatullah Allahyarham Ust Abdullah Said.

“Islam adalah petunjuk untuk semua manusia sebagai rahmat untuk semesta alam. Islam kaffatan linnas rahmatan lil ‘alamiin,” tandasnya.

Dalam acara tersebut hadir unsur amal dam badan usaha Hidayatullah serta organisasi pendukung diantaranya BMH, PosDai, IMS, Pemuda Hidayatullah, STIE Hidayatullah, Aphida, SAI, Mushida, SRU se-Jabodetabek dan juga tuan Rumah PQH.*(ybh/hio)