Pentingnya Dakwah Soskes untuk Membangun Umat

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Pemimpin Umum Hidayatullah KH Abdurrahman Muhammad menyampaikan pentingnya dakwah sosial dan kesehatan (soskes) untuk membangun umat yang kuat, sehat, dan bermartabat.

“Kemuliaan aktifitas sosial dan kesehatan itu luar biasa. Karena kita tidak cukup hanya dengan ceramah, tapi harus datang kepada umat ini dengan memberikan makanan, minuman, kepada yang memerlukan di sekitar kita,” katanya dalam taujihnya dalam Rapat Rakornas Departemen Sosial dan Kesehatan di Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah, Kamis, 1 Dzulhijjah 1443 (30/6/2022).

Beliau menegaskan, dakwah dengan tindakan nyata (dakwah bilhal) dalam bidang sosial dan kesehatan amatlah sangat penting dalam rangka memberikan pelayanan terbaik dan membantu orang yang memerlukan.

Hal tersebut beliau sampaikan dengan menukilkan bunyi Pedoman Dasar Organisasi (PDO) Pasal 3 Ayat 2 bahwa Hidayatullah adalah sarana pelayanan dan pemberdayaan bagi ummat.

“Dalam memberikan layanan kepada umat harus punya semangat seperti kuda perang. Sebagaimana ayat yang dibacakan oleh sekretaris DPW DKI tadi yaitu surat Al Aadityat,” terangnya semringah.

Pada kesempatan tersebut, Pemimpin Umum mengaku sangat bersyukur dapat hadir dalam acara tersebut. “Berkah bisa berkumpul dengan seluruh aktifis sosial dan kesehatan Hidayatullah dari seluruh Indonesia,” katanya.

Ia mengatakan, ini adalah momentum berharga karena bisa bersilaturahim ketemu teman, masih sehat dan segar. Ada senyumnya maka itu ada transformasi nilai dan semangat. Sehingga, terangnya, tidak enak melewatkan momen Rakornas Departemen Sosial dan Kesehatan untuk silaturahim dengan bertemu peserta.

“Mencetak kemenangan itu sederhana, sebagaimana kisah nabi Muhammad memukul batu saat perang Khandaq dan mengganjal perut dengan batu untuk menahan lapar,” imbuhnya memotivasi.

Ia pun berpesan kepada aktivis sosial dan kesehatan umat dari 34 provinsi yang hadir dalam Rakornas ini hendaknya terus bergerak dan berkarya demi untuk kemaslahatan dan kejayaan umat, agama, bangsa, dan negara.

“Ini tugas kita semua untuk berdakwah lebih optimal,” tandasnya. Pada kesempatan tersebut Pemimpin Umum turut didampingi Ketua Umum DPP Hidayatullah KH Nashirul Haq dan Kabid Dakwah dan Pelayanan Umat Ust H. Nursyamsa Hadis.

Acara kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama yang berlangsung di Aula Utama Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah itu.*/Abdul Ghofar Hadi