Songsong Silaturrahim Nasional Hidayatullah 2023, Kampus Gunung Tembak Tingkatkan Persiapan

Ilustrasi] Silaturahim Nasional Hidayatullah 2018 di Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak, Balikpapan, Kaltim.* [Dok: SKR/MCU]

BALIKPAPAN (Hidayatullah.or.id) – Silaturahim Nasional (Silatnas) Hidayatullah bisa dipastikan insya Allah kembali digelar tahun depan. Kepastian ini diambil melalui Musyawarah Majelis Syura (MMS) di Jakarta beberapa waktu lalu. Meskipun kepastian detail waktunya belum ditentukan.

Kampus Induk Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak, Balikpapan, Kaltim, selaku tuan rumah, telah mulai meningkatkan persiapan menyongsong Silatnas Hidayatullah 2023.

“Ini agenda rutin kita Hidayatullah,” ujar Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah (YPPH) Balikpapan, Ust. Hamzah Akbar, dalam rapat pekanan pengurus YPPH di Gunung Tembak, Senin, 15 Safar 1444 (11/09/2022) pagi.

“(Silatnas Hidayatullah 2023) sudah ditetapkan, sudah ditunjuk steering-nya,” tambah ustadz yang pernah menjadi Ketua Panitia Pelaksana Silatnas Hidayatullah ini.

Ust. Hamzah juga mengungkapkan, telah disepakati bahwa yang menjadi Ketua Panitia Pelaksana Silatnas Hidayatullah 2023 adalah Ustadz Muhammad Arfan AU (Ketua Departemen Sumberdaya Insani DPP Hidayatullah).

Kemudian, sebagai Sekretaris yaitu Ustadz Abul A’la Maududi (saat ini Sekretaris YPPH Balikpapan) dan sebagai Bendahara Ustadz Fathun Qorib (Ketua Yayasan Ittihaadi Mardhatillah Indonesia).

Adapun para pengurus lainnya di kepanitiaan Silatnas Hidayatullah mendatang sebagian dari pengurus YPPH Balikpapan saat ini. Tentu juga melibatkan banyak orang dari luar Gunung Tembak.

Oleh karenanya, Hamzah mengimbau kepada para pengurus YPPH Balikpapan untuk mulai mempersiapkan diri menyongsong silatnas.

Beberapa titik poin yang ditekankan Ketua YPPH kepada para pengurus YPPH, di antaranya yaitu meningkatkan koordinasi dan kolaborasi antar bidang, departemen, dan unit.

Mulai saat ini hingga silatnas mendatang, para pengurus YPPH diimbau untuk mulai membangun pola pikir dan mengkondisikan berbagai program YPPH dengan program terkait silatnas.

“Planing kita sudah planing silatnas, mindset kita sudah mindset silatnas,” imbaunya.

Hamzah memperkirakan Silatnas Hidayatullah 2023 diikuti 20 ribu peserta. “Bahkan bisa lebih,” sebutnya.

Jumlah yang banyak itu menjadi tantangan tersendiri bagi kepanitiaan dan warga Hidayatullah Gunung Tembak untuk mempersiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin.

Apalagi, rencananya akan ada sejumlah agenda besar berdekatan dengan Silatnas Hidayatullah 2023, yaitu rapat kerja nasional (Rakernas) Hidayatullah, jambore, acara Muslimat Hidayatullah, pernikahan mubarak, dan lain-lain.

Silatnas Hidayatullah teranyar sebelumnya digelar di Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak pada 22-25 November 2018. Kala itu, silatnas yang diikuti puluhan ribu orang dari berbagai penjuru Indonesia itu dibuka oleh Wakil Presiden RI M Jusuf Kalla.* (SKR/MCU)