Mencoba Mencurigai Diri Sendiri

Akhir akhir ini kita di hebohkan dengan mewabahnya virus covid 19, hampir seluruh negara dibuat kalang kabut dengan satu makhluk Allah yang tidak nampak tapi begitu membahayakan ini. Menurut situs resmi Worldi Health Organization (WHO) virus corona atau covid-19 adalah penyakit menlar yang disebabkan oleh Coronavirus. Virus ini pertama kali ditemukan di Wuhan, China. Di Indonesia hingga hari ini, ada 1.414 kasus positif COVID-19 di Indonesia, tersebar di 31 provinsi. Total kasus meninggal dunia menjadi 122 orang. Total kasus positif yang sembuh ada 75 orang.

Gejalanya ditandai dengan batuk kering, sesak napas, yang kemudian dapat menimbulkan kematian. Virus ini menyerang imunitas tubuh. Seseorang yang terkena virus ini akan tetapi memiliki imunitas tubuh baik dapat sembuh dengan sendirinya, namun orang tua dan orang-orang yang punya riwayat penyakit akan sangat mudah terserang virus ini.

Salah satu cara meretas penyebaran covid 19 ini dengan Lockdown baik individu dan jama’ah, walaupun pemerintah daerah tidak memiliki wewenang serta menunggu intruksi pemerintah pusat mengenai keputusan lockdown, banyak daerah maupun komunitas lingkungan melakukan lockdown mandiri atau lockdown local. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya informasi mengenai keputusan lockdown local yang tersebar di berbagai media social. Walaupun pemerintah pusat belum mengeluarkan himbauan lockdown, himbauan untuk tidak mengadakan keramaian dalam bentuk apapun dicoba diterapkan pemerintah. tentunya hal ini demi kemaslahatan bersama.

Menjaga jarak intraksi antar satu dengan lainnya pun dijaga, jikalau sebelumnya kita terbiasa tegur sapa dan bersalaman saat bertemu ,kali ini dengan adanya wabah virus covid-19 hal ini harus dijaga. Tentu saja bukan bermaksud membatasi budaya ramah tamah yang baik, akan tetapi mencegah adanya sesuatu hal yang tidak diinginkan demi keselamatan dan kebaikan bersama. Bukan pula bermaksud saling mencurigai, tapi juga mengoreksi diri bisa saja diri kita sendirilah yang terjangkit virus covid-19.

Semoga virus segera berlalu dari kita semua, dan kita dijauhkan dari wabah covid 19 ini. Mari saling menjaga dan menguatkan. Mencegah bersama-sama penyebaran virus dengan berdiam diri di rumah, tidak keluar rumah kecuali keadaan mendesak, rajin mencuci tangan dengan sabun , tidak malas berganti pakaian, dan menjaga imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan olahraga ringan. Lockdown dengan berdiam diri di rumah bersama keluarga tentunya dapat kita gunakan untuk lebih mempererat kehangatan hubungan antar anggota keluarga, mendampingi anak-anak bermain dan belajar serta terkhusus lagi mengajak dan mengajar keluarga ibada berjama’ah di rumah.

Najamuddin, M.Pd. Ketua DPD Hidayatullah Luwu Timur

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.