Jambore Pramuka Hidayatullah Tanamkan Nilai Kebangsaan

‘Jambore Ukhuwah” di PP Tahfidz Ahlus Shuffah BalikpapanHidayatullah.or.id – Atas inisiasi Pandu Hidayatullah Balikpapan dan didukung Hidayatullah Wilayah Kalimantan Timur, digelar Jambore Pramuka Ukhuwah I Hidayatullah se-Kalimantan bertempat di lapangan Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan, Kalimantan Timur, digelar selama sepekan dan dibuka pada Senin, (21/12/2015).

Sebagaimana fungsi dan perannya, kegiatan jambore Pramuka ini digelar dalam rangka menanamkan wawasan kebangsaan dan keislaman kepada generasi muda Hiadyatullah dalam upaya kebermanfaatannya menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya yang dengan demikian diharapkan kelak mereka sanggup dan mampu menyelanggarakan pembangunan bangsa dan negara.

Acara yang bertajuk “Kepramukaan Membangun Karakter, Jiwa Kepemimpinan dan Perekat Umat” ini dihadiri oleh 250 orang peserta.

Dalam sambutan, Wakil Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Kalimantan Timur, Idris Ramli merasa bangga dengan dengan kegiatan jambore tersebut.

“Kebanggaan kepada seluruh adik-adik peserta yang datang dari penjuru Kalimantan yang turut berpartisipasi mengikuti kegiatan jambore ini,” ucap Idris dalam upacara pembukaan jambore.

“Hendaknya setiap anggota pramuka terus berpacu dalam prestasi. Sebab masa-masa seperti kalian harus diisi dengan kegiatan bermanfaat dan prestasi,” pesan Idris kembali.

Di kesempatan terpisah, Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Jambore, Adri al-Amin, menjelaskan bahwa kegiatan jambore bertujuan untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah, kemandirian, kepemimpinan, keterampilan, dan prestasi kepanduan santri serta memiliki komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan kepanduan.

“Hal terpenting itu, tumbuhnya persaudaraan di seluruh Pramuka Hidayatullah se-Kalimantan serta berupaya meningkatkan prestasi amaliyah dan ubudiyah santri,” ujar Adri menerangkan.

Untuk diketahui, lokasi bumi perkemahan di atas berjarak sekitar 7 km dari tempat pembukaan sebelumnya. Kegiatan ini dimeriahkan oleh 22 regu pramuka, dengan Kalimantan Timur sebagai pemasok regu terbanyak, 12 regu.

Selanjutnya Kalimantan Utara 8 regu dan Kalimantan Selatan serta Kalimantan Tengah masing-masing datang dengan 1 Regu.*/Rizki Kurnia Syah

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.