Alumni STISHID Diingatkan Jaga Idealisme dalam Dakwah

Alumni Diingatkan Jaga Idealisme PerjuanganHidayatullah.or.id – Alumni Kampus Pesantren Hidayatullah khususnya anggota Keluarga Besar Ikatan Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Hidayatullah (STISHID) Balikpapan diingatkan untuk selalu menjaga idealisme perjuangan dalam mengarungi jalan dakwah dengan merawat silaturrahim.

Pesan tersebut disampaikan Ketua Lembaga Pendidikan dan Pengkaderan Hidayatullah (LPPH) Ustadz Abdul Ghofar Hadi dihadapan puluhan alumni se-kota Balikapan saat memberikan sambutan dalam Silaturrahim Akbar Alumni di Gedung Aula “Marfuah” Kampus STIS Hidayatullah, (24/02/2017).

Dalam sambutan tersebut, Ustadz Abdul Ghofar Hadi menekankan pentingnya menautkan tali silaturahim antar alumni.

“Silaturahim tak hanya dimaknai kumpul-kumpul dan saling tukar nostalgia masa lalu. Tapi juga mengingatkan tentang pentingnya idealisme perjuangan itu dijaga,” katanya.

“Silaturahim alumni yang diadakan di kampus memberi makna tersendiri. Bukan cuma cerita dan kenangannya saja. Tapi karena di kampus inilah idealisme dakwah itu mulai tertanam,” imbuhnya.

Abdul Ghofar menerangkan urgensi para lulusan STIS tersebut diwadahi dalam satu komunitas. Pertama, jelasnya, untuk menyegarkan spirit dan niat berjuang di jalan dakwah.

“Dengan teman yang sefikrah, maka gairah dakwah itu bisa dijaga. Sebab ada kesamaan idealisme dan cita-cita,” ungkap Ketua STIS Hidayatullah hingga 2015 lalu.

Dikatakan Abdul Ghofar, agenda silaturahim juga bisa diselingi dengan kegiatan pengajian, kajian atau taklim. Sebab semuanya berfungsi untuk menambah ilmu dan semangat dalam beragama.

“Jika ada alumni yang tidak aktif kegiatan, biasanya ia merasa kering bahkan kehilangan spirit dan niat berjuang,” papar Abdul Ghofar.

“Orang demikian akan terjebak dengan rutinitas sehari-hari yang kadang dianggapnya menjemukan,” imbuhnya lagi.

Di hadapan para alumni, Abdul Ghofar juga mengingatkan budaya berkontribusi kepada almamater dalam segala hal atau perkara kebaikan. Setidaknya dengan menjaga nama baik STIS dan tidak merugikan almamater yang dikenal sebagai lembaga pengkaderan selama ini.

“Alumni adalah cermin hidup bagi almamater. Seperti apa kualitas kiprah dakwah alumni maka seperti itu juga orang lain menilai STIS Hidayatullah,” ujar pria murah senyum ini.

“Jadilah cermin yang selalu memantulkan teladan kebaikan, dimana pun kalian bertugas,” pungkasnya menutup.

Diketahui, hingga kini, STIS Hidayatullah telah meluluskan ratusan alumni dari berbagai angkatan sejak 2008 lalu. Sejak masa itu pula, terbentuk Ikatan Alumni STIS Hidayatullah, baik Alumni Putra ataupun Alumni Putri.

Saat ini, Alumni STIS Hidayatullah Putra dinakhodai oleh Rizki Kurnia Syah, S.H.I. sedang Alumni STIS Hidayatullah Putri diketuai oleh Sri Hartati, S.H.I., M.P.I.*/STISHID

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.