Program Pendidikan Ulama Zuama Akan Dimulai Bergulir

Ketua Bidang Tarbiyah DPP Hidayatullah Drs. Tasyrif Amin, M.Pd.I

BALIKPAPAN (Hidayatullah.or.id) – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah terus melakukan pematangan dan pemantapan penyelenggaraan program Pendidikan Ulama Zuama (PUZ) Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Hidayatullah Balikpapan yang, insya Allah, akan dimulai pada tahun ajaran baru tahun ini.

Ketua Bidang Tarbiyah DPP Hidayatullah Drs. Tasyrif Amin, M.Pd.I mengatakan PUZ merupakan program khusus yang dicanangkan oleh STIS Hidayatullah Balikpapan bagi mahasiswa yang memiliki kompetensi tersebut.

“Masih terus dilakukan pemantapan. Insya Allah tahun ajaran baru ini sudah dimulai,” kata Tasyrif Amin kepada media ini dalam perjalanannya menuju Balikpapan, Kamis (10/08/2017).

Beliau menyebutkan, saat ini telah terjaring mahasiswa yang telah siap dan dinyatakan lolos seleksi untuk mengikui program tersebut.
“Peserta umumnya adalah mahasiswa penghafal Al Qur’an dan memang sudah memiliki dasar bahasa Arab yang memadai,” tukasnya.

Tasyrif mengatakan program tersebut sejatinya merupakan amanat Munas 2015 lalu yang terus digodok oleh DPP hingga penunjukan STIS sebagai penyelenggara PUZ sekarang.

Sesuai namanya, program PUZ ini diharapkan menjadi wadah bagi mahasiswa Muslim yang ingin menguasai Ulumuddin (ilmu agama) lebih dalam serta punya jiwa pemimpin.

Program unggulan tersebut akan menempati lokasi perkuliahan di Pesantren Tahfizh al-Qur’an Ahlus Shuffah, Gunung Binjai, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Hidayatullah Dr Abdurrohim, mengatakan kehadiran pendidikan ulama pemimpin diharapkan menjadi jawaban atas kerinduan masyarakat dipimpin oleh orang-orang yang memang layak menjadi pemimpin.

“Ulama itu harus jadi panutan sekaligus penggerak di masyarakat. Sedang jadi pemimpin itu hendaknya yang paham agama,” ungkap doktor bidang pendidikan tersebut.

Sejalan dengan visi PUZ, Abdurrohim menyebutkan raw input mahasiswa sekurangnya menghafal minimal 5 Juz al-Qur’an, menghafal hadits Arbain, dan menguasai bahasa Arab sebagai keterampilan untuk menelaah sejumlah literatur dan referensi lainnya.

Lebih jauh, terang dia, hadirnya program unggulan PUZ STIS adalah rangkaian upaya sungguh-sungguh Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah untuk melahirkan kader dakwah yang berkarakter ulama dan berjiwa pemimpin. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.