Membangun Empati dan Teladan Saling Berbagi SDI Hidayatullah Samarinda

SAMARINDA (Hidayatullah.or.id) – Sedari kecil penting untuk menanamkan rasa empati dan kepedulian di benak peserta didik. Inilah yang dilakuna oleh pengurus SD Integral Hidayatullah Samarinda, Jumat (9/3/2018).

Kegiatan edukasi tersebut bertepatan tak berselang lama dengan tragedi kemanusiaan yang terjadi di Ghouta Timur, Suriah. Ratusan nyawa melayang dan luka-luka atas kekejaman yang tak terperikan itu.

Kondisi tersebut mengundang rasa empati siswa siswi SD Integral Luqman Al Hakim Samarinda. Pagi itu (Jumat, 9/3/18) mereka berkumpul di Masjid Al Iman Kampus Utama Pesantren Hidayatullah Samarinda guna melakukan doa bersama dan penyerahan infaq untuk Muslim Ghauta Syiriah.

“Kegiatan seperti ini dilakukan agar dapat menumbuhkan sikap kepedulian dan rasa kemanusiaan dalam diri para siswa. Selain itu sekolahn memang telah rutin melakukan kegiatan galang dana untuk daerah yang mengalami krisis kemanusiaan termasuk di berbagai titik bencana di Indonesia,” kata Kepala Sekolah SDI Hidayatullah Samarinda, Shabirin Ibnu Hambali.

Agar dana yang terkumpul tepat sasaran, SD Integral Luqman Al Hakim Samarinda bekerja sama dengan Lembaga Amil zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH).

“Kami bekerja sama dengan BMH, karena selain program yang tepat sasaran, juga telah mengantongi izin operasional yang legal,” kata Shabirin.

Manejer Gerai BMH Samarinda, Sabliansyah Cecep mengatakan, untuk pengumpulan dana untuk Ghouta suriah terkumpul dari sekolah SDI Hidayatullah Samarinda sebesar 10.883.000

Dana itu diserahkan langsung oleh ketua Pandu Siswa SD Integral Luqman Al Hakim Samarinda Muflihin Abdur Rasyid kepada BMH yang diwakili oleh Fathul Khair. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.