Depdik Hidayatullah Jawa Timur Siapkan Diri Hadapi Era 4.0

BATU (Hidayatullah.or.id) — Pelayanan pendidikan keummatan terus dikuatkan, demikian diantara yang gigih dilakukan Hidayatullah Jawa Timur melalui penguatan pendidikan dalam rangka menghadapi tantangan pendidikan di era 4.0.

Melalui Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Departemen Pendidikan (Depdik) Hidayatullah Jawa Timur yang berlangsung di Pusdiklat Hidayatullah kota Batu, Jawa Timur, selama tiga hari (26-28/02/2021), Hidayatullah Jawa Timur memantapkan diri berakselerasi memajukan pendidikan di tengah gempuran era revolusi industri 4.0.

Ketua Departemen Pendidikan Dasar Menengah DPP Hidayatullah Drs. Nanang Nurpatria, M.Pd.I dalam materinya mengawali Rakerwil Dikdasmen Hidayatullah Jawa Timur itu, memaparkan secara gamblang mengenai arah dan kebijakan Departemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Depdikdasmen) DPP Hidayatullah periode 2020-2025.

Tak lupa, Nanang menekankan pentingnya kesiapan penyelenggara pendidikan untuk mengadapi tantangan zaman seiring dengan setting sosial pendidikan masa kini. Dia tak menafikkan tantantang pendidikan era revolusi industri 4.0 adalah fenomena yang kini ada di depan mata.

Karena itu, lanjut Nanang, pendidikan Islam integral berbasis Tauhid harus mampu merespons kebutuhan revolusi industri tersebut dengan penyesuaian kurikulum baru sesuai dengan situasi dan kondisi zaman.

Dia menegaskan, kurikulum baru tersebut harus betul-betul memberi cakrawala (worldview) baru dalam penyelenggaraan pendidikan yang integral sesuai situasi terkini dengan mengasaskan segalanya pada semangat pengabdian kepada Allah SWT.

“Ini tantangan yang tidak ringan. Membutuhkan komitmen, kerja keras, ibadah dan nawaitu yang luhur untuk memajukan pendidikan sebagai instrumen yang inheren dan tak terpisahkan dari peradaban Islam,” kata Nanang.

Rakerwil Depdik Hidayatullah Jatim ini juga dipaparkan materi sosialisasi arah dan kebijakan Departemen Pendidikan DPW Hidayatullah Jawa Timur periode 2020-2025 yang disampaikan oleh Kepala Departemen Pendidikan DPW Hidayatullah Jawa Timur, Adi Purwanto, M.Pd.

Adi Purwanto juga sekaligus melantik tiga pengurus yaitu tim Departemen Pendidikan DPW Hidayatullah Jawa Timur, pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKSI) dan pengurus harian GPH/SAKO Hidayatullah Jawa Timur.

Setelah kedua materi selesai dipaparkan, acara dilanjutkan dengan rapat kerja masing-masing rayon wilayah hingga menghasilkan kesepakatan bersama yang lebih baik untuk Departemen Pendidikan DPW Hidayatullah Jawa Timur.

Acara yang bertema “Standarisasi Pendidikan Integral Berbasis Tauhid (PIBT) Menuju Penjaminan Mutu Pendidikan Era 4.0” ini dibuka oleh ketua DPW Hidayatullah Jawa Timur, Ust Amun Rowie, M.Pd.

Acara Rakerwil ini dihadiri 75 peserta yang terdiri tim Departemen Pendidikan, Kepala Sekolah atau Madrasah, Kepala program PPAS dan Kepala Program Darul Hijrah se-Jawa Timur.

Untuk menambah spirit menyongsong pendidikan masa depan yang lebih baik, Departemen Pendidikan DPW Hidayatullah Jawa Timur mengundang tokoh pendidikan Kota Malang, Ust DR KH Ali Imron, MA.

Pendiri Lembaga Pendidikan Muslimah Indonesia (LPMI) Al-Izzah Malang ini memberikan tausiyah umum dengan tema “Peran Pendidikan Islam dalam Menyongsong Fajar Kemenangan Umat Islam”. Pada kesempatan itu, Ali memberikan semangat perjuangan untuk peserta Rakerwil.

Dalam pada itu, Ali juga memberi injeksi spirit kepada penyelenggara pendidikan Depdik Hidayatullah Jatim untuk selalu bergairah dan penuh semangat dalam berjuang.

Dia mengatakan, tidak ada yang tidak bisa kita raih kecuali berjuang dan berjuang, berpikir dan berpikir, berikhtiar dan berikhtiar serta memompa diri untuk selalu semangat berjuang demi Allah SWT.

“Yakinlah Allah tidak akan meninggalkan dan melupakanmu. Dia yang akan menolongmu. Yakinlah, dekatkan dirimu pada-Nya,” tegas Ali dalam taushiahnya.

Hingga pada hari ketiga, rangkaian acara diakhiri dengan kegiatan jasadiyah berupa outbond untuk semua peserta. Dilanjutkan dengan pembagian penghargaan kepada sekolah yang memenangkan lomba program Pandu From Home (PFH) yang diselenggarakan oleh SAKO Hidayatullah Jawa Timur pada September – Desember 2020 lalu.

Hingga pada sesi penutupan acara, semua kegiatan rakerwil berjalan dengan lancar. Peserta kembali ke tempat tugas masing-masing dengan membawa semangat pengabdian kepada Ilahi Rabb untuk menguatkan pendidikan demi kemajuan agama, bangsa, negara dan untuk dunia yang lebih bermartabat. (ybh/hio)