Depdikdasmen Hidayatullah Jatim Gelar Diklat Guru Online

SURABAYA (Hidayatullah.or.id) — Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dan Tata Usaah (TU)/ Admin, Departemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Depdikdasmen) Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan latihan (diklat) online jenjang SD/MI hingga SMA/MA/SMK jaringan Pendidikan Integral Berbasis Tauhid (PIBT) Hidayatullah Jawa Timur.

Penanggungjawab acara, Baijuri, M.Pd, mengatakan pandemi covid-19 yang telah berlangsung hingga saat ini yang turut mempengaruhi kegiatan belajar mengajar.

Hal ini menurutnya menjadi tantangan yang tidak ringan bagi dunia pendidikan, sehingga lembaga pendidikan harus melakukan peningkatan kualitas proses pembelajaran maupun administrasi sekolahnya.

DPW Hidayatullah Jawa Timur sebagai barometer pendidikan Hidayatullah nasional merespon dengan gerak cepat untuk melakukan diklat online untuk guru dan TU/Admin SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA jaringan PIBT Hidayatullah Jawa Timur yang digelar secara berjenjang pada tanggal 2-21 Agustus 2021.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan blended learning sebagai proses pembelajaran dengan menggunakan aplikasi milik Google dan menstandarisasi administrasi sekolah dan madrasah,” kata Baijuri.

Disamping itu juga, lanjut Baijuri, kegiatan diklat online ini bermanfaat untuk seluruh guru dan TU/Admin SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA jaringan PIBT Hidayatullah Jawa Timur dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran maupun administrasi sekolah.

Kegiatan yang bertemakan “Standarisasi Proses Pembelajaran dan Administrasi Menghadapi Pendidikan Era 5.0” diikuiti 221 peserta dengan rincian 170 guru, 41 TU dan diisi dua pemateri yaitu Adi Purwanto, M.Pd (Ketua Depdik DPW Hidayatullah Jawa Timur) dan Agung Prayoga, S.Pd (Bidang Akademik Depdik DPW Hidayatullah Jawa Timur).

Di akhir acara, sebagai tindak lanjut, diberikan sejumlah penugasan dan evaluasi hasil tugas secara kontinyu. (ybh/hio)