BAN-PT Lakukan Asesmen Lapangan APT STIE Hidayatullah

DEPOK (Hidayatullah.or.id) — Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan Asesmen Lapangan (AL) Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) secara daring terhadap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Hidayatullah Depok (STIE Hidayatullah Depok) Prodi Akuntansi selama dua hari, Senin-Selasa, 02-03 Agustus 2021 untuk akreditasi terbaru.

Dalam kesempatan asesmen ini, tim asesor yang ditunjuk oleh BAN-PT adalah Prof. Dr. Wayan Suartana S.E, M.Si. Ak dari Universitas Udayana, dan Dr. Nur Fadjrih Asyik, S.E, M.Si., Ak dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya.

Diketahui, akreditasi BAN-PT adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012.

Seyogyanya kegiatan akreditasi kampus maupun prodi dilakukan oleh para asesor yang telah ditugaskan untuk mengunjungi lokasi Perguruan Tinggi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Namun, terhitung sejak bulan Maret 2019 Dewan Eksekutif BAN-PT mengambil langkah agar kegiatan asesmen lapangan dilakukan secara daring, untuk membantu program pemerintah dalam menghadapi wabah pandemic Corona Virus 19.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Hidayatullah Depok pada tahun 2020 juga telah melaksanakan kegiatan asesmen lapangan pada prodi manajemen dengan daring, dan ditahun ini 2021 kembali dilaksanakan asesmen lapangan untuk prodi Akuntansi.

Ketua STIE Hidayatullah Dr. Agus Suprayogi, ST, SE.Sy, MSi, dalam pembukaan kegiatan ini menyambut gembira adanya asesmen lapangan ini. Menurutnya, kegiatan akreditasi tentunya sangat diperlukan oleh semua perguruan tinggi tanpa terkecuali STIE Hidayatullah Depok agar mutu pendidikan terus terjaga bahkan meningkat.

“Dan ini juga sebagai acuan untuk memberikan informasi tentang sudah siapnya suatu perguruan tinggi tersebut dalam melakukan kegiatan proses belajar mengajar sesuai standarisasi yang diberikan oleh pemerintah,” katanya.

Untuk itu, dalam kegiatan ini disamping sivitas akademika, juga melibatkan beberapa alumni dan pengguna eksternal untuk berinteraksi secara daring dengan para asesor.

Pelaksanaan AL daring dilakukan dengan media aplikasi zoom yang disiapkan oleh BAN-PT dengan asesor sebagai host. Pelaksanaan AL daring dimulai dengan agenda pembukaan yang menghadirkan semua unsur pimpinan STIE Hidayatullah, ketua yayasan, dan segenap pengurus perguruan tinggi. Acara ini berlangsung lancar dengan waktu yang sangat padat. (ybh/hio)