PTH STT STIKMA Internasional Gelar Sidang Senat Terbuka

MALANG (Hidayatullah.or.id) — Salah satu perguruan tinggi Hidayatullah (PTH) yakni Sekolah Tinggi Teknologi (STT) STIKMA Internasional menggelar Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana Tahun Akademik 2020/2021 yang digelar pada Sabtu, 18 Safar 1443 (25/9/2021).

Bertempat di Harris Hotel Riverside, Jl. A. Yani, Polowijen, Malang, Jawa Timur, acara wisuda menerapkan protokol kesehatan yang ketat, semua wisudawan dan peserta yang hadir wajib menggunakan masker dan menjaga jarak.

Suasana khidmat mengiringi prosesi wisuda mahasiswa STIKMA dari 3 Prodi tersebut, yakni S1 Teknik Infomatika & Arsitektur serta D3 Komputer multimedia.

Menurut Ketua STT STIKMA Internasional, Drs. Nanang Noerpatria, MPd, para wisudawan yang berjumlah 68 orang telah ahli di bidang informatika, komputer multimedia, dan arsitektur. Mereka telah meraih gelar sarjana (S-1) dan diploma serta siap terjun ke masyarakat.

Di antara para wisudawan tersebut, terdapat 12 orang sarjana yang disebut sebagai da’i Nusantara. Mereka langsung ditugaskan ke berbagai daerah di pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, hingga Papua. Ada yang bertugas di lembaga pendidikan Islam atau pesantren, lembaga bisnis, lembaga zakat, juga terjun dakwah di media massa.

STT STIKMA Internasional adalah perguruan tinggi yang dikelola oleh ormas Hidayatullah, tepatnya Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Jawa Timur. Lembaga ini telah memiliki jaringan luas di seluruh Indonesia. Itulah sebabnya, lulusannya tidak ada istilah menganggur.

Saat ini STT STIKMA Internasional menyelenggarakan perkuliahan jenjang S-1 Teknik Informatika, S-1 Arsitektur, dan D-3 Komputer Multimedia. Fasilitasnya lengkap, mulai dari laboratorium informatika, animasi dan grafis komputer, jaringan komputer, audio digital dan studio dubbing, studio editing video analog dan digital, tempat ibadah, dan sebagainya.

Dijelaskan oleh Drs. Miftahuddin MSi, Ketua Departemen Pendidikan Tinggi dan Litbang Dewan Pengurus Pusat (DPP), STT STIKMA Internasional selama ini telah berpengalaman dalam menyiapkan sumber daya insani yang terampil di bidang teknologi informasi. Banyak lulusannya yang telah berkiprah di berbagai daerah.

Acara wisuda STT STIKMA Internasional dihadiri oleh KH. Dr. Nashirul Haq, Lc, MA, Ketua Umum DPP Hidayatullah. Usai memberikan sambutan, cendekiawan Muslim ini mengalungkan surban kepada perwakilan da’i Nusantara.

Ada yang menarik dalam wisuda tersebut, bersamaan dengan wisuda, Manager Kelembagaan Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Jawa Timur, Indokhul Makmun, SE menyerahkan bantuan paket beasiswa Super Prestasi senilai 252 juta yang meliputi biaya pendidikan, biaya asrama dan pengembangan bakat.

“Selama beberapa tahun ini, Laznas BMH terus aktif peduli dalam dunia pendidikan, salah satunya STIKMA ini untuk terus mencetak generasi yang siap menghadapi tantangan global”ungkap Makmun.

Ia juga menambahkan, “semoga dengan adanya bantuan pendidikan ini, semakin banyak generasi yang siap tampil di masyarakat dengan ketrampilan yang mumpuni dalam merespon problematika ummat di dunia global sekarang ini”.*/Puang Budi