Peserta Rakernas Hidayatullah Diingatkan Adab Berdakwah

MATARAM (Hidayatullah.or.id) – Umat Islam adalah umat terbaik, tentu saja itu tidak boleh sebatas menjadi pemahaman, tetapi juga pengamalan.

Demikian disampaikan Anggota Dewan Penasehat Pimpinan Umum (DPPU) Hidayatullah Abdullah Ihsan di hadapan peserta Rapat Kerjas Nasional (Rakernas) III Hidayatullah di Masjid Al-Mabrur Asrama Haji Mataram, Nusa Tenggara Barat, Jumat (1/12/2017).

“Dakwah itu dengan adab. Bagaimana adabnya, Ustadz Abdullah Said (pendiri Hidayatullah) telah memberikan panduan,” terangnya seraya meneguhkan dakwah yang berkeadaban.

“Kepada yang tua kita jadikan guru, kita minta nasehat dan petunjuknya. Kepada yang sebaya, kita jadikan sahabat, dan kepada adik-adik yang muda-muda, kita jadikan diri kita sebagai kakak atau orang tua mereka, sehingga dakwah itu terpancar dari diri kita, bukan lagi sebatas ajakan lisan kita,” paparnya.

Selain itu, Pembina Pesantren Hidayatullah Bali itu juga menekankan para kader Hidayatullah untuk menjadi manusia yang bijak.

“Bijak itu bagaimana, sesama muslim jelas macam-macam cara berpikir dan kebiasaannya. Jangan kita anti kepada mereka yang berbeda, juga jangan meremehkan mereka dan menilai diri sendiri sebagai yang tertinggi. Tetaplah mereka saudara seiman kita, karena manusia yang bijak itu tidak sombong, yakni tidak menolak kebenaran dan tidak meremehkan manusia,” imbuhnya.

Terakhir, sebagai kunci, perintis Hidayatullah Wilayah Bali dan Nusa Tenggara itu mengingatkan jati diri dai Hidayatullah.

“Jangan sampai semakin tinggi keilmuan semakin lemah keyakinan kepada Allah. Hidayatullah ini berdiri dan eksis dimana-mana karena spirit keyakinan kepada Allah dan istiqomah. Kader-kader yang ada hari ini harus mengikuti spirit yakin kepada Allah ini dan istiqomah dari para pendahulu. Allah di Balikpapan, sama dan itu juga Allah yang di NTB, Bali dan dimanapun juga di bumi ini,” tutupnya.

Ormas Hidayatullah menggelar Rakernas III Tahun 2017 yang diselenggarakan di Kota Mataram pada 1-3 Novemver 2017 yang dibuka hari ini. Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr Tuan Guru Haji Muhammad Zainul Majdi dijadwalkan akan membuka acara tersebut.

Gelaran yang diikuti oleh semua pengurus DPP dan DPW Hidayatullah ini mengusung tema “Optimalisasi Program Dakwah & Tarbiyah Menuju Sukses Berperadaban Islam”.

Pembukaan Rakernas diagendakan dirangkai dengan tabligh akbar di Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Centre NTB yang menghadirkan pembicara Ketua Umum DPP Hidayatullah Ust Nashirul Haq dan Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr Tuan Guru Haji Muhammad Zainul Majdi. */Abu Ilmia

 

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.