Siaran Pers DPP Hidayatullah tentang Pembubaran Ormas

pressroomAssalamualaikum Wr Wb​

Alhamdulillah, washalatu wassalamu ‘ala Rasulillah, wa ‘ala aalihi wa shahbihi ajma’in. Amma ba’du

Sehubungan rencana pemerintah untuk membubarkan Organisasi Massa Islam Hizbut Tahrir Indonesia, sebagaimana dikemukakan oleh Menko Polhukam Wiranto pada Senin (8 Mei 2017), maka Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah menyatakan:

1. Menyayangkan langkah yang diambil pemerintah guna pembubaran organisasi tersebut. Kami menilai langkah ini terkesan dipaksakan dan terburu-buru. Sebab, langkah pembubaran sebuah organisasi massa berbadan hukum seharusnya mengikuti apa yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan dengan mengedepankan upaya persuasif terlebih dahulu.

2. Majelis Ulama Indonesia selama ini belum pernah mengeluarkan fatwa bahwa Hizbut Tahrir Indonesia memiliki ideologi yang menyimpang dari Islam. Bahkan sebaliknya, gagasan yang diusung HTI banyak yang relevan untuk diterapkan di Indonesia dan kritikan mereka juga bermanfaat untuk kemajuan bangsa Indonesia.

3. Sejak dulu sampai sekarang, ideologi yang dianut Hizbut Tahrir Indonesia tidak berubah. Cara mereka mengimplementasikan ideologi tersebut juga tidak berubah. Mereka mengedepankan kesantunan dalam berorganisasi dan mengajak bangsa ini berpikir secara ilmiah. Sehingga sulit dipahami jika pemerintah mengangap apa yang mereka lakukan selama ini berbahaya bagi bangsa dan negara.

4. Namun jika pemerintah memiliki bukti-bukti baru bahwa organisasi ini membahayakan keutuhan NKRI, maka selayaknya pemerintah menjelaskan secara terbuka kepada masyarakat soal bukti-bukti tersebut, serta mengajukan permohonan untuk membubarkan organisasi tersebut ke pengadilan setelah melakukan pendekatan secara persuasif.

5. Proses pengadilan dan keterbukaan kepada masyarakat menjadi penting mengingat dewasa ini rasa ketakutan kepada Islam tumbuh subur di negeri ini. Padahal Islam adalah agama terbesar yang dianut penduduk Indonesia. Langkah-langkah yang salah dikhawatirkan kian menyuburkan ketakutan itu yang pada akhirnya justru akan mengganggu stabilitas nasional.

Demikian pernyataan sikap ini kami buat. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi negara ini dari perpecahan.

Wassalamualaikum Wr Wb.

Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah

​H. Nashirul Haq, Lc, MA​
Ketua Umum

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.