Arahan Ketua Umum Hidayatullah Mengenai Wabah CoVid19

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Merespon mengenai wabah Covid19 yang sedang melanda hampir seluruh dunia termasuk Indonesia maka Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah mengeluarkan surat arahan untuk seluruh jamaah dan pengurus Hidayatullah yang ada di seluruh Indonesia. Adapun Surat Arahan sebagai berikut

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Ba’da Alhamdulillah dan Shalawat untuk Rasulullah SAW, sebagai ikhtiar untuk mencegah tersebarnya penyakit akibat virus corona (corona virus decease / COVID-19) yang oleh Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) telah ditetapkan sebagai Pandemi (wabah dunia), maka dengan hanya mengharapkan pertolongan Allah Subhaanahu wa Ta’ala, Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah memutuskan dan memberikan arahan kepada seluruh anggota, keluarga besar, jaringan Organisasi, Amal Usaha dan Badan Usaha Hidayatullah sebagai berikut:

  1. Memperbanyak taubat, dzikir dan ibadah kepada Allah serta mengkhususkan doa untuk keselamatan diri, keluarga, jama’ah, bangsa Indonesia dan seluruh umat Nabi Muhammad dari penyakit yang disebabkan oleh wabah ini. Dzikir dan doa Hisnul Muslim terutama dzikir-dzikir pagi dan petang sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap orang. Virus ini makhluk Allah, dan hanya taat kepada ketetapan Allah.
  2. Mengurangi pertemuan orang dengan jumlah yang banyak. Mengenai shalat berjama’ah, termasuk shalat Jum’at, diserahkan kepada para Pengurus Pesantren, Yayasan, Daerah, Wilayah, untuk menilai sendiri keadaan di tempatnya masing- masing apakah sudah harus dilaksanakan di rumah masing-masing atau belum, dengan meminta fatwa dari para ulama setempat.
  3. Lebih disiplin menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mempersering berwudhu dan membasuh tangan dengan sabun atau bahan antiseptik.
  4. Mengikuti arahan pemerintah setempat terkait kebijakan libur sekolah. Adapun seluruh pesantren berasrama tetap melakukan kegiatan belajar mengajar seperti biasa.
  5. Memastikan semua tamu atau pengunjung yang masuk ke dalam lingkungan sekolah dan pesantren untuk menjalani pengecekan kesehatan dan pembersihan terlebih dahulu (suhu badan, ketiadaan gejala batuk, sesak nafas, cuci tangan dengan sabun/antiseptik)
  6. Turut berperan serta mencegah penyebaran Virus Corona berkordinasi dengan Dinas Kesehatan di tempatnya masing-masing.
  7. Menjadwal ulang seluruh kegiatan Organisasi, Amal Usaha dan Badan Usaha dan mengurangi intensitas perjalanan keluar terutama bagi yang telah berada di daerah terkena virus Corona.

Semoga Allah menyelamatkan kita dunia Akhirat.

Jakarta, 20 Rajab 1441 / 15 Maret 2020

DEWAN
PENGURUS PUSAT HIDAYATULLAH

Dr. Nashirul Haq, Lc., MA Ketua Umum

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.