Kwartir Nasional Apresiasi Pengabdian Masyarakat Sako Pramuka Hidayatullah

SURABAYA (Hidayatullah.or.id) — Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyampaikan penghargaan dan setinggi-tingginya kepada Sako Pramuka Hidayatullah yang telah ikut serta melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam penanganan bencana.

“Saya ikut bangga dengan informasi yang saya terima, bahwa di banyak peristiwa bencana, Sako Pramuka Hidayatullah telah ikut mengirimkan relawannya dalam membantu di berbagai bidang,” kata Ka Kwarnas disampaikan Sekretaris Jenderal Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar Utomo, S.IP, M.AP.

Hal itu disampaikan dalam pidato pelantikan Pengurus Majelis Pembimbing Satuan Komunitas Pramuka (Mabisako) dan Pimpinan Satuan Komunitas (Pinsako) Gerakan Pramuka Hidayatullah Tingkat Nasional Masa Bakti 2019-2023.

Khususnya mengenai pandemi Covid-19, Ka Kwarnas tetap mengharapkan peran serta Sako Pramuka Hidayatullah untuk ikut berpartisipasi penuh dalam melaksanakan arahan Presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka.

Presiden telah meminta agar Gerakan Pramuka mengembangkan Gerakan Kedisiplinan Nasional dan Gerakan Kepedulian Nasional.

Meski begitu, Ka Kwarnas berpesan karena Sako adalah bagian integral dari Gerakan Pramuka. Dalam pelaksanaan setiap kegiatan, Sako Pramuka Hidayatullah agar selalu berkordinasi dengan Kwartir.

Sako Pramuka Hidayatullah atau yang juga disebut Pandu Hidayatullah diambil dari organisasi induk yang menaunginya, yakni Pesantren Hidayatullah dan cabang-cabangnya yang didirikan pertama kali pada 5 Februari 1973 di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pengurus Mabi dan Pimpinan Sako Pramuka Hidayatullah tingkat nasional masa bakti 2019-2023 terlambat dilantik karena masalah teknis hingga akhir 2019 lalu, tahun 2020 ditambah dengan adanya pandemi covid-19. Sehingga baru dilantik awal 2021. (ybh/hio)