TASK Hidayatullah Tanggap Bencana Banjir Jakarta

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Tim Aksi Siaga Kemanusiaan (TASK) Hidayatullah, melakukan aksi tanggap darurat bencana banjir yang melanda sejumlah titik di Jakarta dan sekitarnya, Sabtu (20/2/2021).

Kolaborasi respon bencana TASK Hidayatullah kali ini terdiri dari Depos Hidayatullah, BMH dan SAR Hidayatullah secara simultan gerak bareng melakukan mitigasi dengan mendirikan posko relawan dan mendistribusikan bantuan tanggap darurat.

Korlap, Syaharuddin Yusuf, mengatakan sebelumnya curah hujan eksrem sempat melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya (Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) yang mengguyur dalam waktu 24 jam.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut wilayah Jabodetabek diguyur hujan secara merata dengan intensitas lebat hingga sangat lebat. Lebat lebih dari 50 milimeter, dan sangat lebat 100-150 milimeter, dengan kondisi cuaca hujan ekstrem.

Dalam upaya tanggap darurat terutama di Jakarta, Syaharuddin mengatakan, pihaknya telah membuka posko bantuan di markas DPD Hidayatullah Jakarta Selatan dan menerjunkan tim relawan bersama Mapala STIE Hidayatullah dan SRU Ciawi.

“Sampai saat ini tim relawan kita masih terus bekerja melakukan evakuasi,” katanya melaporkan yang sedang melakukan tanggap daurat di RT 007, RW 05 Kelurahan Jatipadang, Kecamatan Pasar Minggu.

Sementara itu, kebutuhan mendesak untuk masyarakat terdampak bencana banjir ini seperti masker, anti nyamuk, pakaian bayi, pakaian dalam laki wanita, dan juga kebutuhan konsumsi langsung saji. (ybh/hio)