Cetak Muballigh Suluh Negeri, Sekolah Dai Kembali Buka Pendaftaran

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Sekolah Dai yang berada di bawah pengelolaan lembaga Persaudaraan Dai Indonesia (Posdai) kembali membuka pendaftaran peserta didik baru untuk tahun akademik 2020.

Adapaun Sekolah Dai yang membuka pendaftaran adalah Sekolah Dai Jakarta, Sekolah Dai Bogor dan Sekolah Dai Gabungan Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara (Sultanbatara).

Ketua Yayasan Pendidikan Dai Posdai, Ust Samani Harjo, S.Pd.I, mengatakan Posdai melalui Sekolah Dai terus menguatkan program mencetak muballigh muda yang disiapkan menjadi penyuluh agama Islam yang kelak ditugaskan mengabdi menerangi penjuru negeri.

Sekolah dai dalam proses pendidikan akan dilakukan selama satu tahun dengan program full beasiswa dan berbagai program khusus yang mereka butuhkan saat bertugas sebagai dai nantinya.

“Sekolah Dai menyelenggarakan pendidikan satu tahun dengan full beasiswa bagi peserta didik yang telah dinyatakan lulus seleksi. Selain full beasiswa, sekolah dai juga memiliki tiga program takhassus yaitu takhasus Al-Qur’an, takhasus bahasa Arab dan takhasus pengkaderan dai,” jelasnya.

Selain itu ia mengatakan bahwa tujuan utama sekolah dai adalah mendidik para pemuda yang nantinya akan diterjunkan untuk membina dan mengabdi kepada masyarakat.

“Sekolah dai membidik pemuda untuk menjadi kader muallim dan setelah menyelesaikan pendidikannya siap mengabdi kepada masyarakat,” ucapnya.

Adapun standar kelulusan sekolah dai ialah mampu membaca serta menghapal Al-quran dengan standar sanad sehingga nantinya mampu menjadi mengajari masyarakat mengajar belajar Al-Quran (MBA) yang berstandar.

“Dari penempaan di Sekolah Dai diharapkan menghasilkan output lulusan yang hafidz Al-Qur’an setidaknya minimal lima Juz standar sanad, hafal dan menguasai matan Al-Jazariyah, dan juga mampu menjadi muallim Al-Qur’an Grand MBA terstandar,” jelasnya.

Sekolah Dai juga semakin memantapkan infrastruktur penunjangnya diantaranya adanya asrama (boarding school), dan terutama full beasiswa sehingga peserta didik dapat lebih fokus dalam mengambangkan kapasitas dan kapabilitasnya sebagai calon dai.

“Alhamdulillah, alumni Sekolah Dai telah tersebar dan berkiprah di seluruh Nusantara,” katanya.

Adapun syarat pendaftaran Sekolah Dai yaitu: lulusan SMA/ sederajat atau setidak-tidaknya telah berusia 18 tahun, bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Calon peserta juga berkomitmen siap mondok sampai selesai, mengisi formulir pendaftaran, menyerahkan syarat administrasi, menandatangani lembar komitmen mahasantri dan mendapatkan rekomendasi dari ustadz/ Pesantren Hidayatullah terdekat dari kota asal.

Sementara administrasi atau atau berkas pendaftaran yang perlu disiapkan adalah mengisi formulir dan biaya pendaftaran Rp.300.000 (biaya tersebut sudah termasuk kitab pelajaran), menyerah foto copy ijazah SMA/Sederajat 3 Lembar, menyerahkan foto copy KK dan KTP yang masih berlaku.

Pesreta juga diharuskan menyerahkan Foto 2×3 & 3×4 masing masing 3 l lembar dan menyerahkan Surat Rekomendasi dari DPW/ DPD Hidayatullah atau Lembaga lain (jika sebagai pendaftar utusan).

Sementara jadwal pendaftaran Sekolah Dai Jakarta dan Sekolah Dai Bogor dibagi menjadi 2 gelombang yaitu Gelombang Pertama 15 Maret-30 April 2020 dan Gelombang Kedua tangga 1 Mei hingga 30 Juni 2020.

Link formulir pendaftaran Sekolah Dai Jakarta dan Sekolah Dai Bogor dapat diisi dengan mengunjungi tautan berikut https://forms.gle/iaLs1Gg5SHnLn63Y8

Sementara masa pendaftaran Sekolah Dai Kolektif Sultanbatara adalah mulau dari tanggal 1 hingga 30 Juni 2020.

Begitupun dengan pendaftaran Sekolah Dai Sultanbatara dengan mengisi lembar formulir pada link berikut https://forms.gle/iaLs1Gg5SHnLn63Y8 . Pendaftaran akan ditutup jika kuota sudah full.

Untuk Sekolah Dai Jakarta dan Sekolah Dai Bogor, kedatangan peserta ke lokasi paling lambat 5 Juli 2020, setelah itu mengikuti masa orientasi selama sepekan mulai tanggal 6 hingga 12 Juli 2020 dan studium generale atau kuliah perdana dimulai 13 Juli 2020.

Informasi lebih lanjut, hubungi kontak person Kepala Sekolah Dai Bogor Ust. Saepudin Abdullah Lc 0812-8348-2527 dan Kepala Sekolah Dai Jakarta Ust Shiddiq Junihardin Lc0822-6097-4202. Kontak person Sekolah Dai Sultanbatara Habibi Nur Salam 0821-8805-9972/ 0812-4215-2525

Alamat Kantor Sekolah Dai Hidayatullah Bogor, Jln Pasir Peundeuy, RT/04 RW/019 Desa Sukaharja, Kec. Ciomas, Kab. Bogor, Jawa Barat. Alamat Sekolah Dai Hidayatullah Jakarta, Komplek Pusat Dakwah Hidayatullah Jl. Cipinang Cempedak 1 No 14 Polonia Jatinegara Jakarta Timur.

Sekolah Dai Hidayatullah Sultanbatara, Jalan Sakinah No.8, Pesantren Hidayatullah Parepare, Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.