Majukan Negeri Wapres Dorong Kembangkan Dakwah Bilhal

BALIKPAPAN (Hidayatullah.or.id) – Wakil Presiden Republik Indonesia, Muhammad Jusuf Kalla, memuji peran Hidayatullah dalam membangun bangsa di bidang dakwah dengan menyasar daerah minoritas, terpencil dan terluar. Untuk majukan negeri dan membangun kemandirian bangsa, Kalla berpesan, Hidayatullah harus terus mengembangkan dakwah peragaan dengan praktik lapangan (dakwah bilhal).

“Dalwah bilhal, bagaimana dai mengajarkan petani tentang bagaimana bertani yang baik. Pedagang didorong bagaimana berdagang yang baik. Karena jangan lupa Rasulullah juga berdagang, Khadijah pedagang, Usman pedagang, Abu Bakar pedagang,” kata Kalla saat membuka Silatnas Hidayatullah 2018 yang digelar di Kampus Induk Pondok Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak, Keluarahn Teritip, Balikpapan, Kamis (22/11/).

Kalla menjelaskan, salah satu cara membangun bangsa dan negara adalah bagaimana berusaha dengan sebaik-baiknya. Hal ini kata dia adalah tugas semua yang hadir di arena Silatnas untuk membantu masyarakat dalam dua hal yakni bagaimana di dunia dan di akhirat kelak mendapatkan kemakmuran dan kebaikannya.

“Karena itu, Hidayatullah yang ada di seluruh Indonesia, bukan hanya dakwah billisan, tapi juga dakwah bilhal yang ikut membangun bangsa. Bangsa akan maju jika ekonomi bangsa baik, karena itu kami mengharapkan seluruh Pesantren Hidayatullah menyeimbangkan antara pengajaran agama dan pengajaran dunia,” kata Kalla.

Lebih jauh Kalla mengemukakan pentingnya menghindarkan konflik dalam bangsa kita supaya tidak seperti bangsa lainnya yang mengalami pertikaian antar saudara yang berkepanjangan. Untuk itu, mestilah ditegakkan keadilan dan keadilan akan terwujud jika ada kemakmuran telah tercapai bersama.

“Bagaimana kita bergotong royong membangun bangsa ini dan selalu berusaha menghindarkan bangsa ini dalam perpecahan dan pertikaian,” ujarnya seraya menutup pidatonya dengan empat baris pantun.

Masak angsa dikuali
Bukan lagi di perigi
Hidayatullah mengabdi
Berkhidmat untuk NKRI

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.