BNI Syariah BOD Teaching di Kampus Hidayatullah Ternate

SEVP Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi memberikan penjelasan terkait manfaat dan keuntungan mengenai produk tabungan BNI iB Baitullah Anak iB Hasanah yang merupakan tabungan dalam mempersiapkan biaya haji maupun umrah sejak usia dini kepada salah satu santri Pondok Pesantren Hidayatullah Ternate (Foto: Istimewa)

TERNATE (Hidauyatullah.or.id) — BNI Syariah menyelenggarakan Direksi Mengajar (Board Of Director-BOD Teaching) secara serentak, kali ini di Kampus Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Hidayatullah, Ternate, Maluku Utara, Kamis (14/11). Acara ini bertujuan untuk meningkatkan edukasi literasi dan inklusi keuangan syariah yang dicanangkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dalam kegiatan BOD Teaching Ternate hadir SEVP Bisnis Ritel & Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi; Pemimpin Divisi Jaringan dan Layanan BNI Syariah, Adjat Djatnika Basarah; Pemimpin Wilayah Timur BNI Syariah, Imam Hidayat; Branch Manager BNI Syariah Kantor Cabang Ternate, Hery Kuswoyo; dan Pengasuh Pondok Pesantren Hidayatullah Ternate, Sholeh Sukur.

Kegiatan Direksi Mengajar dengan tema “Mengenal Perbankan Syariah” ini diantaranya adalah pengenalan perbankan syariah baik mengenai pengertian bank syariah, kegiatan bank syariah, akad-akad yang digunakan, dan jenis produk maupun layanannya melalui pemaparan video interaktif, serta permainan edukatif yang dikemas secara menarik untuk menumbuhkan minat siswa tentang bank syariah.

Direktur Kepatuhan & Risiko BNI Syariah, Tribuana Tunggadewi mengatakan Direksi Mengajar merupakan salah satu implementasi dan bentuk nyata kepedulian BNI Syariah terhadap dunia pendidikan.

“Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi media sosialisasi dan dakwah yang efektif dalam meningkatkan pengetahuan generasi muda mengenai perbankan syariah,” kata Tribuana.

SEVP Bisnis Ritel & Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi mengatakan melalui kegiatan Direksi Mengajar ini, diharapkan siswa bisa lebih memahami esensi dan kelebihan sistem keuangan syariah sehingga bisa melakukan perencanaan keuangan yang hasanah sejak dini.

“Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, BNI Syariah selalu mengangkat nilai-nilai hasanah dan berkomitmen menjadi Hasanah Banking Partner yang memberikan manfaat bagi seluruh kalangan sejak usia muda sampai tua, tidak hanya untuk kehidupan di dunia, bahkan kemanfaatannya hingga di akhirat kelak (Hasanah Way),” kata Iwan.

Pada kegiatan BOD Teaching di Banda Aceh dan Ternate, BNI Syariah bersama dengan Yayasan Hasanah Titik (YHT) memberikan bantuan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan masing-masing senilai Rp 50 juta.

Direksi Mengajar mengacu pada POJK Nomor 76/POJK.07/2016 tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan Bagi Konsumen dan/atau masyarakat Bab II Pasal 2, dimana Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) wajib melaksanakan kegiatan dalam rangka meningkatkan Literasi Keuangan.

Kegiatan ini rutin digelar tiap tahun sejak 2016 lalu. Pada tahun ini, BNI Syariah melaksanakan kegiatan Direksi Mengajar di lima kota yaitu Kudus, Malang, Aceh, Ternate, dan Palangkaraya. Dari 2016 sampai tahun ini tercatat sudah lebih dari 2.800 siswa yang ikut serta dalam program Direksi Mengajar ini.

Target audience kegiatan Direksi Mengajar adalah pelajar khususnya tingkat menengah atas. Hal ini karena pada usia tersebut, sebagian besar siswa dinilai telah cukup matang untuk belajar bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.