Penguatan Sinergi Antara DPP Hidayatullah dengan PT Asyki

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) – Kantor Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah Jln Cipinang Cempedak I/14 Otista Polonia Jakarta kedatangan tamu dari PT. Asuransi Syariah Keluarga Indonesia (Asyki), Senin (9/10/2017)

Rombongan jajaran Dewan Komisaris dan Manajemen lembaga asuransi yang dibentuk oleh Tazkia Group dan Pondok Pesantren Sidogiri ini diterima langsung oleh Ketua Umum DPP Hidayatullah KH Nashirul Haq dan Sekretaris Jenderal Candra Kurnianto serta didampingi jajaran lainnya seperti Kabid Perekonomian Asih Subagyo, Kabid Tarbiyah Tasyrif Amin, Kabid Pelayanan Umat Fathul Adhim, Kabid Organisasi Khairil Baits dan Bendahra Umum Wahyu Rahman.

Turut hadir bersama dalam rombongan tersebut adalah Komisaris Utama PT Asyki KH Abdul Madjid dan Komisaris Utama PT Asyki Sarana Sejahtera (Pialang) KH Bashori Alwi.

Keduanya adalah termasuk jajaran masyayikh yang mengasuh di Pondok Pesnatren Sidogiri. Dalam kesempatan kali ini beliau hadir sebagai jajaran Komisaris yang mewakili Pesantren.

Dalam pengantarnya, Agus Siswanto yang mewakili rombongan Asyki, mengatakan bahwa kehadiran tim Asky kali ini adalah sebagai tindak lanjut dari MoU antara DPP Hidayatullah dan Tazkia Group tahun lalu, yang dilanjutkan adanya PKS (Perjanjian Kerja Sama) dengan Asky, untuk membentuk unit palang asuransi.

Ketua Bidang (Kabid) Perekonomian DPP Hidayatullah Asih Subagyo selaku tuan rumah dalam pengantarnya menyampaikan ucapan terima kasih dan ihtiram atas kehadiran PT Asyki dan terutama masyayikh dari PP Sidogiri.

“Ini merupakan jalinan ukhuwah yang diharapkan akan terus membesar di berbagai bidang. Keterpurukan umat Islam dalam hal ekonomi misalnya, merupakan tanggung jawab bersama,” kata Asih dalam pertemuan silaturrahim yang berlangsung hangat tersebut.

Menimpali sambutan sebelumnya, KH Abdul Madjid menyampaikan bahwa, “Sidogiri ini kalau ketemu Hidayatullah, seperti ikan ketemu air. Klop“.

Dalam pada itu, KH Abdul Majid pula memaparkan pentingnya membangun jalinan sinergi umat. Menurutnya, kita tidak boleh memandang asuransi ini sebagai bisnis an-sich.

“Jangan banyak berdebat soal dalil, yang jelas semua sudah dikaji. Tetapi semangat taawun, tolong-menolongnya itu yang dikedepankan kan. Bahwa ini adalah langkah awal menuju tegaknya ekonomi Islam,” lanjut KH Majid seraya mengutip kaidah ushul fiqh مَا لاَ يُدْرَكُ كُلُّهُ لاَ يُتْرَكُ جُلُّهُ

“Apa-apa yang tidak bisa dilakukan semuanya, jangan ditinggalkan semuanya”.

Beliau juga menambahkan bahwa Dr. Cholil Nafis, Ketua Komite Dakwah MUI pusat, yang merupakan alumni PP Sidogiri adalah salah satu Dewan Pengawas Syariah di Asyki.

Senada dengan itu, Komisaris Utama PT Asyki Sarana Sejahtera (Pialang) KH Bashori Alwi menerangkan bahwa salah satu misi dari PP Sidogiri ini adalah Khidmad lil Ummah. Sehingga, kata dia, seluruh amal usaha dan aktifitas PP Sidogiri itu, dalam rangka ke sana.

“Mengabdikan diri untuk kepentingan umat di berbagai aspek kehidupan. Sehingga dengan Hidayatullah nanti, bisa diupayakan kerjasama di berbagai hal termasuk dakwah, pendidikan dan sebagainya,” harap KH Bashori.

Direktur Utama PT Asuransi Syariah Keluarga Indonesia Zaenal M Falah yang turut hadir dalam pertemuan tersebut menyampaikan bahwa kehadiran Asky itu sebagai komplementer BPJS.

“Sebab kehadiran BPJS itu berlandaskan UU, sebagai warga negara yang baik, dan sebagai muslim yang taat, kita dituntut untuk menaatinya. Tentu secara kritis kita bisa mempertanyakan banyak hal. Dan Asyki hadir untuk menjawab berbagai pertanyaan kritis itu,” jelas Zaenal.

Sebagai penutup, Ketua Umum DPP Hidayatullah KH Nashirul Haq, menyampaikan, dengan spirit “wahjurhum hajron jamiila” sebagaimana dalam Surah al Muzammil, beliau katakan bahwa kita tidak usah mengutuk yang tidak baik, tetapi kita wajib hadirkan solusi yang lebih baik, yang sesuai dengan apa yang kita inginkan.

“Dan Asky ini, Insya Allah, merupakan jawaban. Apalagi secara visi dan misi PP Sidogiri sebagai pemilik Asyki ini, sejalan dengan Hidayatullah,” tandas beliau.

Turut juga hadir dalam pertemuan tersebut Komisaris PT Asyki Sarana Sejahtera Muhamad Yasid, Corporate Secretary Muhammad Hafiludin, Business Development Junaidi, Busines Development Muhtar Ginting, Direktur Operasional Pialang Asyki Erwin Kinusi dan Strategic Alliance Dian Agus Siswanto. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.