Kader Muda se-Jabodetabek Konsolidasi Bangun Jakarta

Ketua Umum PP Syabab Hidayatullah Muhammad Naspi Arsyad, saat memberikan sambutan acara.

Ketua Umum PP Syabab Hidayatullah Muhammad Naspi Arsyad, saat memberikan sambutan acara.

Hidayatullah.or.id — Ratusan kader muda Hidayatullah wilayah Jabodetabek mengikuti acara silaturrahim akbar selama 2 hari berpusat kegiatan di Masjid Ummul Quro Kampus Pesantren Hidayatullah Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu-Ahad.

Silaturrahim akbar yang digagas oleh PP Syabab Hidayatullah bekerjasama dengan SAR Nasional Hidayatullah ini digelar dalam rangka temu kangen sekaligus melakukan konsolidasi program pemuda Hidayatullah di kawasan ini.

Ketua panitia Ahmad HG Muzakky mengatakan silaturrahim Syabab Hidayatullah ini sekaligus merupakan rangkaian sosialisasi pasca helatan Musyawarah Nasional IV Hidayatullah yang digelar awal bulan November ini di Balikpapan Kalimantan Timur.

“Kami menyadari penyelesaian beragam problem kebangsaan yang kita hadapi hari ini tak bisa hanya dibebankan kepada pemerintah dan elemen terkait lainnya, tetapi merupakan tanggungjawab kolektif warga bangsa. Karena itu, dengan acara ini pemuda Hidayatullah ingin meneguhkan perannya sebagai pelopor membangun Indonesia dengan gerakan keteladanan,” kata Ahmad HG Muzakky.

Dikatakan Muzakky, konsolidasi kader muda Hidayatullah ini tak lepas dari semangat turun tangan para anak muda untuk membangun Jakarta dan kawasan kota megapolitan penyangga sekitarnya.

Pemuda Hidayatullah, terang Muzakky, sejauh ini telah melakukan upaya-upaya positif berkesinambungan diantaranya dengan melakukan pembinaan moral pelajar/remaja melalui berbagai kegiatan edukatif dan aksi-aksi penanganan kebencanaan yang dilakukan kader yang tergabung dalam SAR Nasional Hidayatullah.

“Seperti spirit filosofis di balik monumen Pemuda Membangun, pemuda Hidayatullah terdorong untuk turut berperan membangun Jakarta dan Alhamdulillah dengan segala kesederhanaan upaya itu sudah dan akan terus kita lakukan. Diharapkan dari silaturrahim ini kian memantapkan harapan tersebut,” kara Muzakky.

Muzakky mengatakan, secara fisik Jakarta hari ini sudah teramat megah dengan gedung-gedung pencakar langitnya. Bahkan Muzakky menyebutkan 70 persen perputaran uang di Indonesia berada di DKI Jakarta yang hal ini tentu menjadi berkah tersendiri dengan segala dinamikanya apalagi mengingat kepadatan penghuninya yang mencapai 12,7 juta orang pada siang hari dan 9,9 juta orang pada malam hari.

Karena itu, kata Muzakky, pihaknya ingin mengambil peran pembinaan rohani bagi masyarakat kota kosmopolitan ini yang menurutnya boleh jadi tak sedikit dihuni oleh mereka yang mendambakan pembinaan keagamaan dan pengajaran ilmu-ilmu keislaman.

“Mungkin agak sedikit berbeda dengan tren gerakan kepemudaan saat ini, Syabab Hidayatullah sebagai organisasi kepemudaan Islam berkomitmen untuk melakukan hal-hal yang mungkin tak terlalu populer mendapat perhatian anak muda seperti mengajar TK-TPA, bimbingan belajar Al Qur’an, dan training-training edukatif bertema keislaman,” ujar Muzakky.

Muzakky berharap agenda Syabab Hidayatullah untuk turut membangun Jakarta mendapat sambutan positif. Karenanya Muzakky mengatakan pihaknya pun terbuka melakukan kerjasama dengan siapa saja yang memiliki kepedulian yang sama.

“Selama itu sesuai visi dan bernilai maslahat untuk umat dan bangsa ini, kenapa tidak. Kita sangat terbuka sebab demikianlah watak kehadiran Hidayatullah yang mengedepankan nilai-nilai washatiyah dan penghargaan terhadap persatuan umat,” pungkas Muzakky.

Silaturrahim akbar kader muda Hidayatullah yang menusung tema Membangun Soliditas Pemuda Sukses Gerakan Dakwah dan Tarbiyah, ini dihadiri oleh ratusan kader muda se-Jabodetabek. Hadir pula sebagai narasumber berbagai tokoh senior Hidayatullah diantaranya KH Abdurrahman Muhammad, Ustadz Hasan Ibrahim, Ustadz Dr Abdul Mannan, Ustadz Nashirul Haq, Ustadz Sholeh Usman, Ustadz Ahmad Suhail, dan Ustadz Tasyrif Amin.

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.