Pantau dan Penjaminan Mutu, Dikdasmen Pusat Visitasi ke Hidayatullah Jawa Barat

BANDUNG (Hidayatullah.or.id) — Dalam rangka melakukan pemantauan serta penjaminan kualitas dan mutu pendidikan, Tim Asesor Departemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah melakukan visitasi kepada 2 kampus Pondok Pesantren Hidayatullah di Jawa Barat yaitu Cirebon dan Bandung, selama 2 hari (18-19/3/2021).

Visitasi ini sendiri adalah kegiatan kunjungan tim asesor ke kampus Hidayatullah yang telah menyelenggarakan pendidikan setidaknya 5 tahun dalam rangka pengamatan lapangan, wawancara dengan warga sekolah, verifikasi data pendukung, serta pemdalaman hal-hal khusus yang berkaitan dengan komponen dan aspek akreditasi.

Proses visitasi ini merupakan rangkaian pelaksanaan akreditasi standar Pendidikan Integral Berbasis Tauhid (PIBT) Lembaga Pendidikan Integral Hidayatullah (LPIH) yang melekat dengan fungsi evaluasi diri dan sekolah diharapkan untuk senantiasa menjamin kelengkapan dan ketepatan data dan informasi yang diperlukan dalam pelaksanaan akreditasi ini.

Ketua Depdikdasmen DPP Hidayatullah Ust. Nanang Noer Patria, M.Pd, menjelaskan visitasi akreditasi PIBT LPIH Cirebon dan Bandung, Jawa Barat, oleh Tim Dikdasmen DPP ini guna dalam rangka pemantauan standarisasi dan ekspansi dakwah melalui tarbiyah.

Tim Assesor Depdikdasmen DPP Hidayatullah memulai penilaian akreditasi sekolah integral mulai jenjang SD, Mts dan MA yang diawali dengan opening ceremony.

“Kegiatan ini adalah bagian dari program besar Depdikdasmen, jadi jangan dipersepsikan untuk mencari kesalahan institusi, namun justru sebaliknya, untuk memetakan apa dan dari mana mutu dan kualitas sekolah harus ditingkatkan secara terstandar”, ujarnya.

Senada dengan itu, Ketua DPW Hidayatullah Jabar Ust. Taufik Wahyudiono dengan berseloroh menyampaikan bahwa tim assesor Depdikdasmen DPP hadir untuk melakukan pemetaan, evaluasi, mendampingi dengan menilai sekolah Hidayatullah.

“Beliau beliau tidak mempan untuk dipengaruhi dengan pelayanan spesial kita,” kelakar Taufik.

Lebih jauh, Taufik mengutarakan bahwa kegiatan visitasi Akreditasi PIBT bertujuan memprotret setiap sekolah baik dari sisi administrasi sekolah maupun dari aspek administrasi guru/ pengajar.

“Dengan harapan bahwa setiap sekolah Hidayatullah harus terstandar dan menjadi sekolah yang ideologis, berorientasi pada keunggulan, mutu dan kualiatas output serta tetap laris,” kata Taufik.

Kegiatan assesmen ini diketuai oleh asesor PIBT LPIH Ust Fatihul Haq dengan dua orang anggota yakni Ust Bashori dan Ust Abdul Hamid.

Tim asesor bekerja sangat serius memeriksa secara teliti dan melakukan penilaian sejak pagi hingga malam hari dengan mengececk dan cross check berkas maupun bukti yang sesuai dengan instrumen penilaian.

Adapun sekolah di Pondok Pesantren Hidayatullah Cirebon yang dinilai adalah SD Integral Luqman Al Hakim Cirebon, MTs Sains Al Hadid dan MA Luqman Al Hakim Cirebon .

Sekitar Pukul 22.00 tim assesor bertolak ke Pondok Pesantren Hidayatullah Bandung untuk melanjutkan visitasi akreditasi di sekolah yang ada di kota kembang ini. Mereka tiba pukul 02.00, tahajjud, shubuh dan tim istirahak sejenak menunggu pagi hari.

Hari kedua kegiatan visitasi di Hidayatullah Bandung diawali dengan pembukaan di aula pertemuan pondok.

Dalam kesempatan tersebut, Ust. Fatihul Haq yang memberikan sambutan menyampaikan pentingnya merawat peninggalan para pendahulu khususnya yang telah ditinggalkan perintis Hidayatullah Bandung untuk memajukan dakwah melalui pendidikan.

“Walaupun mungkin tidak diucapkan, ini sebuah kesempatakan untuk kita bisa melaksanakan wasiat pendahulu dengan tujuan beribadah,” kata Fatihul.

Assesmen berlangsung cukup lama namun tetap sumringah karena banyaknya data dan bukti yang disiapkan oleh teman teman pengelola pendidikan di kota Priyangan ini.

Adapun sekolah yang dinilai di Yayasan Hayatan Thoyyibah Hidayatullah Bandung adalah MTs Al Quran Bandung dan MA Al Quran Bandung. Alhamdulillah proses visitiasi akreditasi berjalan lancar dan tidak ada hambatan. (ybh/hio)