Bupati Shalat Jumat dan Aqiqah di Kampus Ponpes Hidayatullah Bulungan

BULUNGAN (Hidayatullah.or.id) — Keberadaan Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Kabupaten Bulungan di Jalan Jelarai semakin dirasa penting eksistensinya oleh berbagai pihak, termasuk Pemerintah Daerah Tingkat II Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara

Kunjungan Bupati Bulungan, H. Drs. Syarwani, MM, yang datang berkunjung ke Pesantren Hidayatullah Bulungan sekaligus melaksanakan shalat Jumat, kian meneguhkan keberadaan Pesantren Hidayatullah Bulungan sekaligus menandai pentingnya peran sinergis Hidayatullah di kawasan.

Usai shalat Jumat, Bupati melangsungkan aqiqah untuk anaknya. Dalam kesempatannya memberikan sambutan, Bupati Syarwani mengapresiasi kontribusi Pesantren Hidayatullah dalam pembangunan.

“Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pesantren Hidayatullah yang turut serta membangun Kabupaten Bulungan, utamanya dalam program pendidikan dan keagamaan,” katanya.

Ia menambahkan, program Hidayatullah di bidang pendidikan dan keagamaan sangat berperan dalam pembentukan karakter anak-anak sebagai generasi pelanjut pembangunan Kaltara yang merupakan daerah pemekeran dari Kalimantan Timur ini.

Lebih lanjut Bupati Syarwani, menyampaikan bahwa tanggungjawab saat ini ialah menyiapkan generasi yang unggul.

“Tantangan besar bagi kita di era digital ini ialah bagaimana mengantarkan anak-anak kita menjadi anak-anak yang shaleh, perlu kesungguhan dan kerja keras untuk membentengi generasi-generasi yang akan datang,” imbuhnya.

Selain peran penting pondok pesantren, ia juga mengingatkan pentingnya peran keluarga dan masyarakat dalam menguatkan pendidikan generasi masa depan. Sebab, jelas dia, pendidikan tentu tidak cukup hanya bermodalkan pelajaran agama di sekolah umum yang hanya 2 jam pelajaran dalam sepekan.

“Sudah banyak anak-anak yang menjadi korban narkoba karena kurangnya perhatian orangtua dan pendidikan keagamaan,” tuturnya.

Merespon hal tersebut, Pembina Pondok Pesantren Hidayatullah Bulungan, Ust Endi Haryono yang juga Ketua DPW Hidayatullah Kaltara menyampaikan kesiapan Hidayatullah untuk sinergi bersama pemerintah dalam hal pembinaan masyarakat dan generasi muda di bidang keagamaan.

“Pemerintah Kabupaten Bulungan Insya Allah tidak perlu khawatir, Hidayatullah hadir memang dalam rangka mencerahkan umat dan generasi muda di bidang pendidikan dan keagamaan. Tinggal pemerintah memberikan semangat,” kata Ust Endi.

Dalam menunjang peran dakwah di bidang pendidikan dan pembinaan keagamaan, lanjut Ust Endi, Pondok Pesantren Hidayatullah Bulungan saat ini sedang membangun sejumlah lokal kelas untuk belajar mengagar, mendirikan masjid representatif dan program semenisasi jalan kampus pesantren.

“Jadi ini perlu beberapa ruang kelas belajar, masjid dan semenisasi jalan kampus pesantren. Insya Allah jika ini bisa diwujudkan, program akan lebih baik bagi anak-anak kita semua,” ucap Ust Endi yang disambut senyum bahagia Bupati.(ybh/hio)