Sinergi Pemuda Gelar Sunatan Massal di Lamahala

FLORES TIMUR (Hidayatullah.or.id) – Realitas sosial pada masyarakat di Desa Lamahala Jaya, Adonara Timur, Flores Timur – NTT secara ekonomi terbilang jauh dari kata mapan dan mampu. Oleh karena itu, sebuah wadah komunitas yang tergabung dalam Ikatan Pemuda – Pemudi Brandos Lamahala Jaya, termasuk Pemuda Hidayatullah di dalamnya, menggelar kegiatan Sunatan Massal Gratis untuk Anak Yatim dan Dhuafa, Sabtu (24/07/2021).

Dalam sambutan pembukaan kegiatan, Ketua Panitia Pelaksana Karlan Damsyah menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tanggu jawab sosial kami sebagai pemuda untuk membantu para keluarga yang tergolong kurang mampu.

“Kami hanya ingin membantu keluarga kurang mampu agar mereka bisa menyunati anak mereka dalam pelaksanaan sunatan massal gratis,” ungkap Karlan.

Sambungnya lagi, bahwa kegiatan ini juga berkat dukungan moril maupun materil dari pihak donatur yang telah menyuport kegiatan ini.

“Kami sangat berterimakasih kepada segenap donatur yang telah mendonasikan sebagian hartanya untuk bisa menyuskeskan kegiatan kami,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Perwakilan dari Pengurus Ikatan Pemuda – Pemudi Brandos Ramadhan Ahmad, mengutarakan pada sambutannya, bahwasannya berkat kolektif kolegial Pemuda Brandos mampu mencubit kita sebagai insan yang berakal yang sejatinya selalu terkoneksi dengan hubungan vertikal dan horizontal sebagai hamba mampu merealisasikan tanggung jawab sosialnya.

“Bonus demografi mengubah paradigma kaum muda berpikir dan bertindak lebih kepada implikasi yang nyata kepada sesama. Lantas, patut kita acungi jempol bahwa dari pemuda hadir sebuah peradaban baru juga membuka lembar baru kebajikan” ungkap Ramadhan.

Dalam masih kesempatan yang sama, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Lamahala Jaya menyampaikan turut bangga dan senang ada anak muda yang mampu peduli terhadap sesama dalam hajatan sosial sebagai bentuk kontribusi pembangunan di lingkup desa.

“Saya mewakili pemerintah desa turut bangga kepada pemuda brandos yang mencatatkan dirinya sebagai agen perubahan di Desa Lamahala Jaya. Insya Allah, kedepan kita saling bahu membahu mengadakan kegiatan berbasis sosial kemasyarakatan yang berdampak.” imbuh bapak suluk.

Acarapun ditutup dengan pembacaan do’o oleh Bapak Imam Masjid Jami’ Al-Ma’ruf Lamahala Jaya juga khitanan massal oleh Tenaga Medis yang sudah bersedia di arena kegiatan.*/Dhani El Muchardy