Simpul Sinergi Kebaikan untuk Dakwah Pedalaman Kepri Semakin Masif

LINGGA (Hidayatullah.or.id) — Gerakan kepedulian dan kebaikan di kawasan Kepulauan Riau semakin masif. Kali ini dalam bentuk simpul sinergi BMH dan mitra dalam pembinaan para muallaf di Selat Kongki, Kabupaten Lingga, Rabu, 15 Safar 1443 (22/09 2021).

Pada kesempatan tersebut BMH Kepri meresmikan fasilitas pembinaan yaitu mushallah yang representatif serta sebuah Rumah Quran.

Menurut Abdul Aziz, kepala perwakilan BMH Kepri, selat Kongki memang jauh, namun ikatan dalam satu aqidah Islam membuat jaraknya jadi begitu dekat.

Kata dia, ummat Islam yang menyumbangkan hartanya melalui BMH untuk program ini tinggal ratusan bahkan ribuan mil dari selat Kongki, namun mereka tetap terpanggil untuk ikut serta dalam gerakan kebaikan ini, karena adanya rasa sepenanggungan sesama ummat Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam.

“BMH sebagai perantara kebaikan ummat, menitipkan fasilitas ini untuk dimanfaatkan sebaik baiknya agar dari tempat yang terpencil ini kelak akan lahir generasi muslim yang tangguh, setangguh nelayan dalam menaklukkan lautan,” imbuh Abdul Azis.

Dalam peresmian 1 fasilitas pembinaan berupa mushallah dan 1 unit rumah Quran, hadir sejumlah pejabat tingkat Kabupaten Lingga dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Kemasyarakatan di Bagian Kesra Setretariat Daerah (Setda) Lingga, Hazni Hamka, menegaskan bahwa secara umum Hidayatullah tak diragukan lagi kiprahnya dalam memberikan perhatian untuk ummat.

“Dai-dai Hidayatullah tidak menyerah dengan beragam kesulitan dalam mengemban tugas dakwah,” kata Hamka.

Sehingga, lanjut Hamka, pihaknya dari pemerintah Kabupaten Lingga memberikan apresiasi kepada BMH Kepri dan DPW Hidayatullah Kepri yang telah memberikan perhatian yang besar untuk pembinaan ummat yang ada di Kabupaten Lingga.

Hamka berharap semoga dakwah Hidayatullah terus berkembang melalui gerakan zakat bersama BMH.

“Semoga masyarakat semakin menaruh kepercayaan kepada BMH dan mengamanatkan donasi zakatnya melalui BMH, karena programnya sudah sangat di rasakan langsung manfaat nya oleh ummat Islam,” tutup Hazni Hamka.

Selain tim BMH Kepri, sejumlah pengurus DPW Hidayatullah Kepri dan pengurus Hidayatullah Lingga juga turut membersamai ke selat Kongki.

“Gerakan dakwah dan tarbiyah sebagai mainstream gerakan Hidayatullah telah terbukti tidak hanya menyentuh kalangan perkotaan tetapi juga sampai ke titik yang terpencil seperti, kaum muslimin, para muallaf di selat Kongki ini,” tutur Darmansyah, ketua DPW Hidayatullah Kepri dalam sambutannya yang penuh semangat.

Tidak ketinggalan kepala Desa Penaah yang turut hadir, menyampaikan kesan atas apa yang telah dilakukan oleh BMH Kepri.

“Kami sangat bersyukur dan terharu dengan program ini, walaupun daerah kami sangat terpencil tetapi ternyata tetap mendapatkan perhatian yang begitu luar biasa, terima kasih buat BMH atas bantuan sarana pembinaan ini semoga masyarakat kami semakin tercerdaskan,” tutur Kades Pena’ah, Kabupaten Lingga.*/Mujahid M. Salbu