Baznas dan Kanwil Kemenag Kepri Apresiasi Kiprah BMH

TANJUNG PINANG (Hidayatullah.or.id) — Program dan kiprah Laznas BMH khususnya di Kepulauan Riau (Kepri) mendapat apresiasi dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Kepri.

Apresiasi tersebut disampaikan kepada Kepala Kantor Perwakilan BMH Kepri, Abdul Aziz, beserta rombongan ketika diterima saat bertandang ke kedua kantor tersebut hari ini, Rabu, 24 Jumadil Akhir 1443 (26/1/2022).

Kedatangan ke kantor Baznas Provinsi di Tanjung Pinang untuk menyerahkan laporan tahunan BMH Kepri. Annual Report yang diterima oleh ketua Baznas Provinsi Kepri, Drs. H. Arusman Yusuf, M.H.I, merupakan wujud pertanggungjawaban BMH Kepri kepada para donatur dan pemerintah melalui Baznas.

Menurut Abdul Aziz, pada tahun 2021, BMH mendapatkan penghargaan dari Baznas kategori Laporan Tahunan Terbaik, apresiasi yang semakin memacu semangat manajemen untuk terus meningkatkan kinerja termasuk kedisipilinan dalam memberikan laporan tahunan.

Selain sebagai prinsip transparansi dan akuntabilitas, menurut Abdul Aziz, juga agar pemerintah dapat melacak jejak pengabdian BMH Kepri dalam memberikan pelayanan kepada umat melalui laporan tahunan.

“Para donatur dan publik sendiri dapat dengan mudah melihat kiprah BMH Kepri melalui medsos dan channel youtube milik BMH Kepri,” tutur Abdul Aziz, di kantor Baznas Provinsi di kawasan Dompak, Tanjung Pinang.

Usai penyerahan, ketua Baznas Provinsi, Arusman Yusuf, menyampaikan apresiasinya dan menuturkan langkah yang dilakukan oleh BMH Kepri merupakan harapan Baznas yaitu seluruh laznas yang berada di Kepulauan Riau secara aktif berkomunikasi dan berkordinasi.

“Semoga BMH Kepri semakin maju dan berkembang,” harapnya yang diamini Abdul Aziz dan jajaran pengurus baik dari BMH maupun Baznas.

Selain ke Baznas, Abdul Aziz juga mengunjungi Kantor Kemenag Provinsi untuk agenda yang sama.

Kepala Seksi Pemberdayaan Zakat Wakaf Kanwil Kemenag Kepri, Hj. Halimah menyambut hangat dengan ucapan selamat kepada BMH yang meraih award dari Baznas.

“Semoga prestasi itu dapat dipertahankan termasuk raihan 196 persen penghimpunan dari BMH Kepri yang diluar dugaan karena saat penghimpunan dari laznas lain turun di masa pandemi, BMH malah meningkat,” terangnya dengan senyum sumringah.*/Mujahid M. Salbu