BMH Bersama Duta Parenting Realisasikan Program Peduli Kesehatan Santri di Maluku

MALUKU (Hidayatullah.or.id) — Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) BMH Perwakilan Maluku bersinergi dengan istri Gubernur Maluku yang juga Duta Perangi Stunting (Parenting) Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail, menggelar event kesehatan untuk santri di Pondok Pesantren Hidayatullah Negeri Liang, Dusun Tanah Merah, Maluku Tengah, Ahad, 10 Sya’ban 1443 (13/3/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Widya Pratiwi Murad selaku Ketua TP-PKK Maluku menyerahkan secara simbolis bantuan berupa Al-Qur’an, sajadah dan mukena saat hadiri kegiatan Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas yang berlangsung Pondok Pesantren Hidayatullah Liang, Kabupaten Maluku Tengah ini.

Tak hanya itu, Istri orang nomor satu di Maluku ini juga, memberikan sembako berupa beras, minyak goreng, telur, dan juga daun teh celup kepada para santri dan juga para guru mengaji yang ada di pesantren itu.

Widya mengungkapkan, ini merupakan wujud kepedulian dirinya sebagai Ketua TP-PKK Maluku terhadap santri yang ada di pondok Pesantren sebagai lembaga pendidikan formal, agama dan pendidikan Akhlak bagi para santri.

Dalam diskusi bersama para santri serta guru-guru juga penyelenggara kegiatan BMH terkait masalah stunting, Widya menjelaskan, sejak dirinya dikukuhkan sebagai Duta Perangi Stunting dimana prevelensi stunting di tahun 2019 mencapai 34, 02 persen dan kemudian pasca tiga tahun menjabat sebagai Ketua TP-PKK Maluku, angka stunting turun menjadi 28,7 persen.

“Upaya kerja keras kita bersama membuahkan hasil yang menggembirakan namun tugas dan tanggung jawab kita masih belum selesai dari target nasional di tahun 2024 sebesar 14 persen ” jelasnya.

Selain itu kata Widya, agar semua elemen dapat bersinergi dalam memerangi stunting hal ini bukan saja menjadi tugas dari sektor kesehatan tapi juga sektor non kesehatan.
.

Istri Gubernur Maluku, Ibu Widya Pratiwi Murad Ismail dalam sambutannya mengapresiasi BMH Maluku yang turut serta berkontribusi dalam mendukung pemerintah dalam hal kesehatan anak bangsa dan medukung upaya pemerintah dalam upaya percepatan penurunan stunting di Maluku.

“Apresiasi dan terima kasih saya sampaikan kepada Lembaga Amal Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) dan semua pihak atas dukungan dan kontribusinya dalam mendukung upaya pemerintah untuk kesehatan, khususnya percepatan penurunan stunting,” ungkapnya

“Dengan optimisme dan kerja keras bersama untuk mencapai target maksimal saya yakin akan memberi dampak signifikan terhadap percepatan perbaikan gizi di Indonesia khususnya tanah raja-raja yang kita cintai,” tandasnya.

Kepala BMH Perwakilan Maluku, Supriyanto, menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dukungan Ibu Gubernur atas keterlibatannya dalam program event kesehatan untuk santri tersebut.

“Alhamdulillah program kesehatan BMH kali ini mendapat apresiasi dan dukungan dari Ibu Gubernur Maluku,” kata Supriyanto.

Hadir juga Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, karo Kesra Setda Provinsi Maluku, kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, serta OPD Maluku Tengah dan Tim Kesehatan dari Dinas Kesehatan Provinsi Maluku.

Menurut Supriyanto, momentum ini merupakan rangkaian dari program BMH memperingati Hari Gizi Nasional.

“Harapannya kita dapat mewujudkan generasi muda yang sehat melalui pemenuhan gizi anak agar terhindar dari stunting, terlebih lagi kepada mereka yang berhak menerima,” tutur Supriyanto.

Pada momentum ini sebanyak 230 santri antusias menerima layanan kesehatan. Kemudian ada juga dari majelis taklim, guru dan pengasuh serta masyarakat setempat.

La Anjo, santri Putra Pondok Pesantren Hidayatullah Negeri Liang menyampaikan isi hatinya.

“Alhamdulillah, kami dapat paket gizi, paket sembako dari istri Gubernur Maluku. Terima kasih juga kami sampaikan kepada donatur. Semoga bapak dan ibu donator tetap sehat dan berkah selalu,” ujarnya sumringah.*/Arief Ismail