Tarhib Ramadhan BMH Bersama Masyarakat Sukses Digelar di Bataranila

LAMPUNG SELATAN (Hidayatullah.or.id) — Menjelang memasuki bulan Ramadhan 1443 H Baitul Maal Hidayatullah Perwakilan Lampung sukses menggelar kegiatan Tarhib Ramadhan bersama para donatur dan jamaah Masjid Ulul Albab, Komplek Bataranila, Haji Mena, Natar, Lampung Selatan, Sabtu, 16 Syakban 1443 (19/3/2022).

Tidak kurang dari 200 jamaah laki laki dan perempuan hadir di acara yang menghadirkan dai lintas nusantara yang juga anggota Dewan Murabbi Pusat (DMP) Hidayatullah Ust Akib Junaid dari Jakarta.

Ust Akib Junaid dalam pemaparannya menjelaskan keutamaan bulan Ramadhan dan segala ganjaran akan didulang bagi umat Islam yang mengoptimalkannya dengan ibadah yang sungguh sungguh.

“Jangan sampai Ramadhan yang kita lewati dulu sama dengan ramadhan yang dilewati saat ini,” kata Akib berpesan.

Dia mengingatkan tentang wanti wanti Rasulullah kepada umatnya yang berpuasa namun sejatinya ia tidak mendapatkan pahala puasa selain menahan rasa haus dan lapar belaka.

“Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga,” kata Akib yang mengutip hadis Nabi yang diriwayatkan Ath Thobroniy dalam Al Kabir dan dalam Shohih At Targib wa At Tarhib no. 1084.

Ia pun menekankan hendaknya puasa Ramadhan kali ini harus lebih berkualitas dari ramadhan sebelum sebelumnya. Ikhtiar pun harus dikencangkan, diantaranya dengan membaca dan mentadabburi Al Quran.

“Karena, jika Ramadhan kita tahun ini sama dengan yang sebelumnya maka kita termasuk orang yang merugi. Setidaknya jadikanlah Ramadhan sebagai bulan Qur’an yang tertanam hingga ke lubuk hati yang terdalam,” pesannya.

Ketua BMH Lampung, Sofyan Amarta mengungkapkan acara yang digelar berkat kerjasama perdana dengan warga Komplek Bataranila ini terasa sangat berkesan dan disambut antusias warganya.

“Materi dan penyampaiannya sangat pas, pokoknya luar biasa keren. Semoga kedepan acara acara begini terus kami maksimalkan untuk memberikan layanan dakwah kepada umat,” ujarnya.

Acara tarhib Ramadhan di Masjid Ulul Albab Komplek Perumahan Bataranila – Lampung Selatan ini, digelar selepas subuh dan hari libur kerja yang menyesuaikan dengan waktu yang dimiliki warga yang umumnya pekerja harian.

Salah satu hadirin jamaah acara tarhib Ramadhan yang ikut serta dalam kegiatan tersebut, Fahrur Rozy, SH, MH mengatakan, bahwa acara tarhib Ramadhan yang bekerjasama dengan Baitul Maal Hidayatullah Perwakilan Lampung ini sangat apik dan materinya juga bagus.

“Kami dan jamaah sangat berharap agar kerjasama program safari dakwah yang dirangkai kegiatan tarhib Ramadhan di Komplek kami ini bisa terus berlanjut kedepannya dan ini sangat bagus,” tutur Fahrur Rozy. (ybh/hio)