BMH Kepri Gelar Ramadhan Ceria di Rumah Quran kota dan Kepulauan

BATAM (Hidayatullah.or.id) — Memeriahkan Ramadhan 1443 H, Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) perwakilan Kepulauan Riau menggelar lomba di salah satu Rumah Qur’an binaan BMH yaitu di Rumah Quran Hidayatullah (RQH) Jabal Arafah yang berada di kampus 2 Hidayatullah, Tanjung Uncang, Batam, 9-10 Ramadhan 1443 H (11-12/4/2022).

Kegiatan yang mengambil tema “Ramadhan Ceria 1443 H” ini diikuti 25 siswa dan siswi yang merupakan anak-anak warga di lingkungan Pesantren Hidayatullah Batam dan sekitarnya. Adapun kategori yang dilombakan adalah adzan, doa harian, hafalan juz amma.

General Manager BMH Kepri, Abdul Aziz Elhaqqy mengatakan target lomba Ramadhan Ceria yang digelar di beberapa Rumah Quran binaan BMH agar Ramadhan kali ini benar-benar sebagai bulan madrasah.

Sebab, lanjut Aziz, Ramadhan adalah momentum terbaik untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang mengarahkan anak-anak lebih mencintai al Quran, sebab Ramadhan juga adalah bulan diturunkannya al Quran.

“Lomba di rumah Qur’an Hidayatullah ini kita harapkan menjadi pemantik atau sebagai pemicu untuk meningkatkan semangat belajar dan kecintaan terhadap ilmu khususnya materi pelajaran yang selama ini telah diberikan,” lanjut Aziz.

Kegiatan lomba juga diadakan di RQH Atok Somad, pulau Panjang Timur, RQH pulau Seraya, Batam dan RQH Muhammad Sulthon, Tanjung Pinang, yang merupakan rangkaian gerakan besar BMH mengantarkan umat untuk berbahagia dan ceria dalam menjalani bulan suci Ramadhan.

Ustadzah Nurul Nahdah Islamiah selaku ketua Rumah Qur’an Hidayatullah Jabal Arafah mengungkapkan, dengan diadakan kegiatan ini anak-anak lebih bersemangat dalam menghafal dan murojaah hafalan Al-Qur’an.

“Alhamdulillah anak-anak sangat antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan ini. Apalagi ada hadiahnya, anak-anak lebih termotivasi,” ujar ustadzah yang juga menjabat ketua muslimat Hidayatullah, Batam ini.

Para orang tua juga antusias mendampingi putra-putrinya mengikuti lomba.

“Alhamdulillah dengan adanya lomba ini anak-anak jadi lebih semangat lagi untuk menghafal dan murojaah hafalan,” ujar ustadzah Sri Muliati Musran, salah satu orang tua dari peserta lomba.*/Mardiyah