Senyum Seribu Santri dalam Program Buka Puasa Bersama BMH Kepri

BATAM (Hidayatullah.or.id) — Memasuki hari ke 11 bulan Ramadhan, Laznas BMH Perwakilan Kepulauan Riau menggelar buka bersama 1000 santri Hidayatullah Batam Kampus II Tanjung Uncang dengan mengusung tema “Spirit Berkah Ramadhan Dengan Menjalin Ukhuwah”.

Kepala Perwakilan BMH Kepri Abdul Aziz Elhaqqy mengatakan buka bersama ini sudah masuk tahun ke-3 yang dilaksanakan BMH perwakilan Kepulauan Riau dan bekerja sama dengan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Putri STIT Hidayatullah Batam.

“Dengan diadakannya kegiatan ini semoga dapat mempererat tali silaturahmi dan ukhuwah islamiyah,” kata Abdul Aziz.

Abdul menambahkan, Bukber ini merupakan salah satu program yang dilakukan serentak oleh BMH yang ada di seluruh Indonesia. “Dan kami berharap kegiatan ini akan terus dilaksanakan setiap tahunnya di bulan Ramadhan,” katanya.

Sebanyak 1000 takjil dan 1000 nasi box dibagikan kepada santriwati dan mahasantri yang antusias mengikuti acara yang digelar di masjid Hidayatullah.

Di kesempatan yang sama, Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Putri STIT Hidayatullah Batam, Yumna Salsabila, mengatakan pihaknya dari DEMA putri STIT Hidayatullah Batam mengucapkan terima kasih banyak kepada para donatur yang telah ikut berkontribusi dalam acara ini.

“Kami juga berterima kasih kepada pihak Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Kepri yang telah memberikan kepercayaan kepada kami sebagai event organizer,” tutur Yumna.

Selain menikmati hidangan para santri dan mahasantri juga mendapat siraman ruhani dari pembina Hidayatullah Batam, KH Jamaluddin Nur.

Dalam tausiyahnya, KH Jamaluddin Nur, mengungkapkan bahwa buka puasa bersama atau berjamaah akan menambah semangat dan energi yang positif karena para santri dan mahasantri adalah orang-orang yang menghabiskan waktunya untuk berpuasa karena Allah Subhana wa ta’ala.

“Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga,” tutur KH Jamaluddin Nur mengutip sebuah hadits.

Kegiatan ini sendiri mendapat sambutan luar biasa dari para santri dan mahasiswa di lingkungan Kampus Hidayatullah Batam Kampus II Tanjung Uncang, seperti yang diutarakan Sinta.

Sinta yang merupakan mahasiswi Institut Agama Islam Abdullah Said (IAIAS) Batam ini menyampaikan rasa syukur Alhamdulillah dengan adanya buka bersama ini.

Menurut Sinta, kegiatan ini kian menguatkan dan mengeratkan ukhuwah antar sesama teman-teman, juga menambah pengetahuan sebab ada kajian yang diisi oleh KH Jamaluddin Nur.

“Kami sangat bersyukur atas sajian yang di berikan serta kami berharap semoga buka bersama ini akan selalu dilaksanakan setiap tahunya,” tandas Sinta.*/ Laporan Deka Septiana