Ramadhan Ceria Di Pulau Hinterland Bersama BMH Kepri

BATAM (Hidayatullah.or.id) — Anak-anak di pulau Panjang Timur dan Barat di Batam menyesaki Rumah Qur’an Hidayatullah (RQH) Atok Somad untuk mengikuti rangkaian agenda Ramadhan Ceria bersama BMH Kepri, Selasa sore, 18 Ramadan 1443 (19/4/2022).

Di antara kegiatan yang menarik perhatian anak-anak yaitu lomba azan, hafalan surah pendek, dan doa harian. Kegiatan semacam ini terbilang jarang digelar di pulau, sehingga sangat terasa antusiasme anak-anak yang mendiami pulau hinterland (penyangga) Batam itu.

Branch Manager BMH Kepri, Abdul Aziz Elhaqqi , turut berbahagia melihat gairah dan semangat peserta. Menurutnya, kegiatan yang digelar BMH Kepri ini sebagai stimulasi atau rangsangan agar anak-anak khususnya siswa dan siswi RQH binaan BMH lebih bersemangat lagi dalam mengikuti proses pembelajaran di RQH.

“Kami menyiapkan hadiah sebagai bentuk apresiasi kepada siswa dan siswi yang berprestasi, sehingga yang lain juga akan terpacu untuk belajar,” ujarnya.

Ramadhan Ceria ini diikuti sekira 27 peserta dari pulau Panjang Timur dan Barat yang didampingi orang tua masing-masing. Sebelum buka puasa bersama, pengurus DPW Hidayatullah Kepri, Ust Rahmat Ilahi Hadis, menyampaikan kultum yang ditutup doa.

Tokoh masyarakat pulau Panjang Timur dan Barat, Bapak Atok Somad, menyampaikan rasa syukur atas digelarnya Ramadhan Ceria. Ia juga berterimah kasih kepada BMH Kepri atas kepedulian kepada warga pulau.

Selain di pulau Panjang Timur, BMH Kepri juga menggelar Ramadhan Ceria di RQH M Sulthon di Tanjung Pinang. Sekira 30 siswa dan siswi RQH mengikuti lomba yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama.

Ustadzah Nurlina sebagai penanggungjawab RQH M Sulthon mengungkapkan, lomba ini juga sebagai bahan evaluasi atas pembelajaran yang sudah diberikan selama ini, khususnya hafalan surah pendek dan doa harian.

“Alhamdulillah, dari lomba yang digelar, ada peningkatan kemampuan hafalan para siswa dan siswi, termasuk dari sisi tajwid dan makharijul huruf (pengucapan huruf al Qur’an-red),” tambahnya.*/Mujahid M. Salbu